Minggu, 14 Agustus 2016 09:27 WIB

Kwarnas Gerakan Pramuka Berikan Penghargaan ke 38 Tokoh Nasional

Editor : Yusuf Ibrahim

Laporan Evi Ariska


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault, mengatakan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dijadwalkan akan membuka Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 di Bumi Perkemahaan Cibubur,  Jakarta Timur, Minggu (14/08/2016). 


"Ini kegiatan besar dan bermanfaat. Pembukaaan kegiatan ini dijadwalkan akan dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo,'' kata Adhyaksa melalui siaran persnya, Sabtu (13/08/2016).


Adhyaksa menuturkan, kegiatan pembukaan Kwarnas Gerakan Pramuka akan memberikan penghargaan kepada 38 tokoh yang berkontribusi besar terhadap pengembangan dan kemajuan Pramuka Indonesia.  


"Upacara pembukaan juga akan ada penampilan kesenian daerah, seperti Wayang Hihid dari Bogor," ujar Adhyaksa. 


Adhyaksa mengungkapkan, Pramuka merupakan pemersatu generasi masa depan Indonesia sejak muda. Ketika ada perbedaan pendapat ketika dewasa nanti, ia berharap, mereka akan ingat bahwa pernah dipertemukan dalam satu bumi perkemahan.


"Cerita tentang berkemah, tidur bersama di tenda, menjelajah alam bareng, ngobrol dan bercanda tanpa gangguan handphone akan menjadi kenangan terindah saat anak-anak kita dewasa nanti. Ini akan menjadi perekat," pungkasnya.


Sekedar diketahui,  Jamnas X Pramuka merupakan pesta kegiatan Pramuka Penggalang se-Indonesia sebagai wahana untuk merajut persaudaraan dan persahabatan. Setelah sekian lama digelar di luar daerah, Jamnas kali ini akan digelar di Jakarta dengan tema ''Keren, Gembira, Asyik''.


Menurut Adhyaksa, pembukaan Jamnas X juga akan dihadiri Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menpora Imam Nahrawi, sejumlah kepala daerah dan pimpinan Pramuka dari negara-negara Asean.


Sebanyak 25 ribu anggota Pramuka dan 225 peserta dari luar negeri dipastikan berpartisipasi dalam hajatan lima tahunan ini.(exe)


0 Komentar