Minggu, 14 Agustus 2016 13:14 WIB

Warga Jerman Minta Ganja Dilegalkan

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sekitar 4 ribu warga Jerman berdemo di pusat Kota Berlin, meminta pemerintah untuk melegalkan ganja, Sabtu (13/08/2016).

Massa minta ganja dilegalkan untuk medis dan para pemilik ganja jangan lagi dituntut secara pidana. Menurut data polisi, dari sekitar 4 ribu demonstran tidak ada insiden maupun yang ditangkap. Massa awalnya berkumpul di stasiun kereta api pusat sebelum pindah ke kantor Departemen Kesehatan dan  Alexanderplatz.

”Parade ganja adalah demonstrasi terbesar untuk legalisasi ganja sebagai komoditas, obat-obatan, dan stimulan alami di Jerman,” bunyi pernyataan kelompok pro-legalisasi ganja yang menggelar demo dalam sebuah situs mereka.

Massa ramai-ramai membawa spanduk bertuliskan; “Otak saya milik saya” dan ”Ganja adalah obat saya”.

Juru bicara kelompok parade ganja, Steffen Geyer, mengatakan di depan massa bahwa larangan ganja menyebabkan lebih banyak masalah. Oleh karena itu, diperlukan payung hukum untuk melegalkannya.

“Legalisasi ganja akan menyebabkan kurangnya kerugian jika dibandingkan dengan larangan itu selama 45 tahun,” kata Geyer.

Pernyataan serupa juga disuarakan oleh Hans Strobele, seorang anggota parlemen Jerman yang merupakan pendukung setia legalisasi ganja.”Legalisasi akan datang,” katanya di hadapan massa.

”Satu (orang) bisa menyalahgunakan apa pun dari kopi, rokok hingga alkohol. Oleh karena itu penting untuk memberikan dasar hukum untuk obat tersebut,” kata salah satu petugas dari parade ganja seperti dikutip Berliner Zeitung, Minggu (14/08/2016).(exe/ist)
0 Komentar