Minggu, 14 Agustus 2016 22:14 WIB

Kemenpora Kucurkan Rp91 Miliar untuk Kwarnas Pramuka

Editor : Yusuf Ibrahim

JAKARTA, Tigapilarnews.com- Sebagai salah satu wadah pengembangan potensi dan karakter generasi muda Indonesia, Menpora Imam Nahrawi menegaskan bahwa Kemenpora terus berupaya selalu mendukung Kwarnas Gerakan Pramuka dengan memberikan bantuan dukungan fasilitasi.


Untuk tahun 2016, total anggaran yang dikucurkan Kemenpora bagi Kwarnas Pramuka mencapai Rp91 miliar.


“Gerakan Pramuka merupakan salah satu wadah pengembangan potensi dan karakter generasi muda handal Indonesia. Karena itu, Kemenpora berupaya selalu mendukung upaya Kwarnas Pramuka dengan memberikan bantuan dukungan fasilitasi melalui Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan,” kata Menpora usai mendampingi Presiden Joko Widodo membuka acara Jambore Nasional (Jamnas) X 2016 sekaligus Peringatan Hari Pramuka ke 55 di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (14/08/2016).


Pada kesempatan ini, Menpora mengapresiasi penyelenggaraan Jamnas X dan peringatan Hari Pramuka ke 55 yang berlangsung meriah. “Kita berharap peserta Jambore Nasional, sesuai tema Jambore Nasional tahun ini, senantiasa tampil keren, gembira, dan asyik dalam memberikan kontribusi terbaik mereka untuk kepentingan bangsa dan negara,” tambah Cak Imam.


Bertema "Bangun Karakter Kaum Muda Melalui Kegiatan yang Keren, Gembira,  Asyik", HUT Pramuka juga dihadiri sebanyak 25 ribu peserta tingkat pengalang seluruh Indonesia, termasuk Pramuka berkebutuhan khusus dari 34 Kwarda seluruh Indonesia dan peserta dari luar negeri terdiri dari Malaysia, India, Timor Leste, Filipina, Nepal, Thailand, Belanda serta  KBRI Malaysia dan KBRI Rusia.


Pembukaan  Jamnas X ditandai dengan  pemukulan Timpani alat musik dari Papua yang diikuti perkusi.  Untuk mensukseskan Jamnas ke X ini, Kemenpora telah melakukan kerjasama dengan memberikan bantuan Rp91 milyar, terdiri dari Rp71 miliar untuk pelaksanaan Jambore Nasional dan Rp20 miliar untuk bantuan kegiatan rutin Kwarnas sepanjang tahun. Sehingga totalnya mencapai Rp91 miliar.


Berdasarkan data dari Asdep Organisasi Kepemudaan dan Pengawasan Kepramukaan Kemenpora, khusus untuk alokasi anggaran sebesar Rp71 miliar untuk penyelenggaraan Jambore Nasional, perinciannya sebesar Rp38 miliyar untuk transportasi dan akomodasi dan Rp 33milyar untuk renovasi seperti pengaspalan jalan, perbaikan gedung dan lain-lain.


Selain Menpora, turut hadir mendampingi Presiden Jokowi pada Pembukaan Jamnas dan HUT Pramuka kali ini diantaranya Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault, Menko PMK Puan Maharani,  Mendikbud Muhadjir Effendy, Menkoinfo  Rudiantara dan sejumlah pejabat lainnya.(exe)


0 Komentar