Senin, 15 Agustus 2016 22:26 WIB

Ajang Reuni, Muenchen Juara Piala Super Jerman

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bayern Muenchen era Carlo Ancelotti meraih trofi pertamanya di musim 2016/2017.

Menghadapi Borussia Dortmund di ajang Piala Super Jerman, Senin (15/08/2016) dini hari WIB, Muenchen menang dua gol tanpa balas. Laga ini seharusnya dimainkan antara pemenang Bundesliga melawan juara DFB Pokal.

Namun dua ajang tersebut berhasil dipuncaki Bayern Muenchen. Alhasil Dortmund sebagai runner up harus terjun ke Piala Super Jerman dan menantang Muenchen yang berstatus juara bertahan sejak empat tahun terakhir.

Pertandingan ini bagaikan reuni untuk beberapa pemain. Di kubu Dortmund, ada Mario Goetze yang sempat kecewa karena gagal menembus skuat utama Muenchen. Sedangkan di lain pihak, Muenchen diperkuat dua mantan pemain Dortmund yakni Mats Hummels dan Robert Lewandowski.

Di awal laga, Dortmund nampak mendominasi. Meski tidak diperkuat Marco Reus, Die Borussien tetap aktif dalam melancarkan serangan ke lini pertahanan lawan.

Tensi pertandingan berjalan memanas saat memasuki menit 25. Franck Ribery terlihat menyikut pemain Dortmund. Gara-gara insiden itu, laga sempat dihentikan karena terjadi kericuhan. Atas ulahnya, Ribery dihukum kartu kuning oleh wasit.

Kiper kedua tim, Manuel Neuer (Muenchen) dan Roman Burki (Dortmund) memperlihatkan aksi gemilang di babak pertama. Mereka melakukan penyelamatan penting dan aksi keduanya pantas diacungi jempol.

Hingga babak pertama usai, tak ada gol yang tercipta. Dalam catatan statistik, Dortmund unggul penguasaan bola 51% : 49%.

Di babak kedua, Muenchen mengubah irama permainannya. Kubu FC Hollywood menjadi lebih aktif dalam mencari celah dan ruang tembak. Hasilnya terlihat di menit 58. Berawal dari umpan Lewandowski, bola mengarah ke kaki Thomas Mueller.

Namun pemain kebangsaan Jerman tersebut membiarkan si kulit bundar bergulir dan bola liar disambar Arturo Vidal. Sepakan pertama sang pemain dapat diblok oleh Burki. Namun bola memantul lagi ke arahnya dan kali ini usaha Vidal sukses berbuah gol.

Dortmund berusaha keras mengejar ketertinggalan. Namun yang terjadi justru sebaliknya. Di menit 79 gawang mereka kembali kebobolan. Kali ini gol lahir lewat aksi Muller.

Gol diawali dari situasi sepak pojok. Bola kemudian disundul Mats Hummels dan Muller berhasil meneruskannya hingga masuk ke gawang. Skor 2-0 bertahan hingga bubaran. Muenchen berhak membawa pulang Piala Super Jerman dan ini jadi modal positif Ancelotti untuk hadapi persaingan musim 2016/2017.(exe/ist)

Susunan pemain:
Borussia Dortmund:
Burki; Schmelzer, Papastathopoulos, Bartra, Passlack; Castro, Rode; Dembele (Schuerrle 68'), Kagawa, Ramos (Weigl 69'); Aubameyang (Mor 78')

Bayern Muenchen: Neuer; Lahm, Hummels, Martinez, Alaba; Alonso, Thiago, Vidal (Kimmich 71'); Muller (Rafinha 86'), Ribery (Coman 65'); Lewandowski
0 Komentar