Rabu, 17 Agustus 2016 07:07 WIB

Ukraina Khawatirkan Warga Kesulitan untuk Bekerja di Rusia

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ukraina menegaskan tidak miliki rencana untuk memutus hubungan diplomatik dengan Rusia.

Hubungan Rusia dan Ukraina saat ini kembali memburuk setelah Moskow menuding Kiev berencana melakukan serangan ala teroris ke Crimea, yang mendapat bantahan keras dari Kiev.

Menteri Luar Negeri Ukraina, Pavel Klimkin, menyatakan salah satu alasan mengapa Ukraina akan terus mempertahakan hubungan diplomatik dengan Rusia adalah karena banyak warga Ukraina yang mencari nafkah di negara tetangganya itu.

Putus hubungan diplomatik akan membuat warga Ukraina kesulitan untuk bekerja di Rusia, yang akan sangat berdampak pada perekonomian dalam negeri Ukraina.

"Kami akan mempertahankan hubungan diplomatik. Ada jutaan warga Ukraina di Rusia yang harus kita jaga. Jika Rusia memutuskan untuk memutus hubungan diplomatik, maka ini akan menjadi tanggung jawab mereka," ucap Klimkin, seperti dilansir Itar-tass pada Selasa (16/08/2016).

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, juga telah menyatakan sejauh ini tidak ada rencana bagi Moskow untuk memutuskan hubungan dengan Kiev, walaupun hubungan kedua kembali menegang.

"Moskow tidak berencana untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Ukraina atas insiden di Crimea. Hal itu (pemutusan hubungan) akan menjadi tindakan ekstrim," ucap Lavrov.(exe/ist)
0 Komentar