Rabu, 17 Agustus 2016 10:08 WIB

Kepolisian Turki Geledah Perusaan yang Diduga Miliki Hubungan dengan Gulen

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kepolisian Turki dilaporkan melakukan penggeledahan masal terhadap 44 perusahaan di Istanbul.


Perusahaan yang digeledah diduga kuat memiliki hubungan dengan Fethulah Gulen, sosok yang dinilai Ankara sebagai otak upaya kudeta gagal Juli lalu.


Menurut laporan media Turki, Anadolu, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (16/08/2016), selain melakukan penggeledaham kepolisian Turki juga telah mengeluarkan surat perintah penangkapan bagi 120 orang pejabat perusahaan sebagai bagian dari penyelidikan upaya kudeta gagal.

"Perusahaan dituduh memberikan dukungan keuangan untuk gerakan Gulen. Polisi mulai penggeledahan terhadap sejumlah perusahaan di Distrik Uskudar dan Umraniye Istanbul, termasuk bangunan milik sebuah perusahaan induk yang tidak disebutkan namanya," bunyi laporan Anadolu.

Sejak kudeta, lebih dari 35 ribu orang telah ditahan, 17 ribu diantaranya telah ditempatkan di bawah tahanan formal. Selain itu, Turki juga telah memecat ribuan guru, polisi, dan pejabat tinggi pemerintahan lainnya.

Presiden Turki, Tayyip Erdogan menuduh Gulen memanfaatkan jaringan luas sekolah, amal dan bisnis yang dibangun di Turki dan di luar negeri selama beberapa dekade, untuk menyusup ke lembaga negara dan membangun "struktur paralel" yang bertujuan untuk mengambil alih negara.

Erdogan telah bersumpah untuk memotong pendapatan dari bisnis terkait dengan Gulen, menggambarkan mereka sebagai "sarang terorisme" dan menjanjikan tidak ada belas kasihan dalam membasmi mereka.(exe/ist)

0 Komentar