Rabu, 17 Agustus 2016 10:53 WIB

Rusia dan Suriah Lakukan Tindakan Memalukan di Suriah

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Human Rights Watch (HRW) menyebut Rusia dan Suriah telah melakukan tindakan memalukan di Suriah.

Tindakan memalukan yang dimaksud adalah karena keduanya menggunakan bom curah kala melakukan serangan di Suriah. "Pemerintah Suriah dan Rusia harus segera berhenti menyerang daerah-daerah sipil dengan bom curah," kata HRW dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (16/08/2016).

"Serangan-serangan dengan bom curah adalah tindakan yang memalukan, dan ini menunjukkan kegagalan total keduanya untuk mematuhi hukum internasional yang membatasi bom curah," sambungnya.

HRW dalam pernyataannya menuturkan, mereka telah mendokumentasikan penggunaan bom curah, setidaknya 18 kali sejak Juni lalu, yang mengakibatkan lebih dari selusin warga Suriah mengalami cidera, dari ringan hingga parah.

Ketika dijatuhkan, bom curah akan meninggalkan jejak khas. ketika mengenai target, bom ini akan memicu kebakaran besar. Kebakaran yang disebabkan oleh bom jenis ini akan sulit untuk dipadamkan.

Senjata jenis ini populer digunakan oleh Amerika Serikat (AS) pada perang Vietnam. Penggunaan bom curah sendiri sejatinya telah dilarang oleh Konvensi PBB mengenai penggunakan senjata khusus.(exe/ist)
0 Komentar