Rabu, 17 Agustus 2016 10:23 WIB

Panitia Olimpiade 2016 Kewalahan Pasok Daging Halal untuk Atlet

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Panitia pelaksana Olimpiade 2016 mengaku kewalahan memasok daging halal untuk dikonsumsi para atlet yang berlaga.

Sekitar 70 ton daging unggas dan sapi harus disediakan saban harinya. Uniknya, pasokan daging halal ini bukan hanya diminta oleh atlet muslim, tapi juga non-muslim. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut panpel terbantu dengan adanya Pusat Kajian Islam Brasil (ICOB).

Merekalah yang mendistribusikan semua kebutuhan makanan halal. Setiap harinya, seperti dilaporkan Albawaba, Selasa (16/08/2016), 10 ribu porsi makanan harus dibagikan kepada semua atlet yang bukan hanya beragama Islam.

"Panitia Olimpiade Rio saat ini sedang mencari dan meningkatkan pasokan makanan halal. Ini karena permintaan luar biasa dari atlet dan peserta lainnya, bahkan non-muslim," beber Sekjen ICOB, Nasser Al Khazraji.

"Jelas ini sangat positif dan membuktikan bahwa budaya halal hadir di negara-negara non-muslim," sambung Al Khazraji.

Ini sebenarnya bukan yang pertama dilakukan ICOB. Sebelumnya mereka juga pernah dipercaya untuk menyuplai makanan halal saat Brasil menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014.

Di Brasil sendiri terdapat 300 tempat pemotongan hewan untuk ayam dan sapi. Tapi tidak semua memenuhi kreteria halal. Karenanya pemerintah Brasil telah mengikat kerjasama dengan produsen di negaranya untuk memenuhi kebutuhan daging halal dari negara-negara muslim.

Bukan hanya sekadar bahan pangan yang halal, semua juru masak dilatih. Mereka dibekali pengolahan makanan halal.(exe/ist)
0 Komentar