Jumat, 19 Agustus 2016 13:02 WIB

Kemenpan-RB Bahas Pelayanan Publik di Polri

Editor : Rajaman
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Kementerian Pendayagunaan Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menyambangi Mabes Polri untuk membicarakan peningkatan pelayanan publik khususnya di kawasan Polri.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Menpan RB Asman Abnur kepada Kapolri Jenderal Tito Karnavian, pada Jumat (19/8/2016).

"Ini pesan khusus oleh Presiden pada kami, bahwa pelayanan publik kita sudah harus ditingkatkan sampai ke unit-unit kecil baik di kelembagaan Kementerian maupun Polri," ujar Asman di Ruang Rapat Rupatama Mabes Polri.

Peningkatan itu, kata Asman, pertama, pada layanan perpanjangan STNK yang sudah harus berbasis teknologi.

"Kami kemarin meninjau Samsat yang ada dibeberapa daerah, ternyata sudah otomatis. Jadi orang tidak perlu antri lagi. Dalam tiga menit sudah dapat melayani perpanjangan STNK," terang Asman.

Yang kedua, yakni peningkatan pada pengaduan atau aspirasi masyarakat.

"Saya pikir ini jadi konsentrasi kita bukan hanya Polri. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pemda sudah dirasakan.

Sehingga dalam waktu 5 menit tanggapan dari aparat kepolisian sudah hadir di masyarakat," tambah Asman.

Yang ketiga, yakni penerapan e-bagdeting di kalangan Polri. Hal itu harus dilakukan agar masyarakat mengetahui dana yang sudah dihabiskan untuk negara dalam bentuk transparan.

"Harus ada input- output yang jelas. Kalau ini sudah bisa diterapkan di Polda dan Polres, saya yakin ini jadi reformasi contoh yang baik buat kita semua," lanjut Asman

Yang terakhir, terkait pelayanan masuk ke kawasan Mabes. Asman menginginkan, tidak ada lagi perbedaan antara masuk ke sebuah kelembangaan dengan masuk ke sebuah bank.

"Kalau kita masuk ke bank, ada pelayanan dan kepastian. Nah begitu juga masuk ke kantor lembaga. Disitu ada pelayanan dan kepastian," jelas Asman.

Menurut Asman, pelayanan publik harus ditingkatkan, sebab masyarakat sudah menunjukkan kepatuhannya untuk membayar pajak.

"Mereka sudah membayar pajak. Jadi pelayanan masyarakatnya harus ditingkatkan bahkan sampai ke pelayann toiletnya. Supaya tidak ada ketimpangan antara masyarakat dengan pelayanan kepolisian," tandas politikus PAN ini.
0 Komentar