Sabtu, 20 Agustus 2016 08:34 WIB

Ducati Ngotot Gunakan Winglet

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Tim balap Ducati kembali menyinggung tentang pelarangan sayap aerodinamis (winglet) untuk musim 2017.

Menurut mereka, rencana pelarangan tersebut seperti bencana untuk tim balap yang akan tampil musim depan. Winglet atau sayap tambahan yang dipasang di fairing motor sudah mulai akrab digunakan pada musim 2016.

Namun perlu diketahui, Ducati menjadi tim pertama yang mempopulerkan tekonogi tersebut pada musim 2015. Ada anggapan yang menyebut bahwa penggunaan fairing meningkatkan resiko cedera pembalap karena plat baja yang dipasang di motor bisa merobek tubuh pembalap jika dua motor mengalami kontak fisik saat balapan. Namun ketakutan tersebut tidak pernah benar-benar terjadi.

"Tidak ada pembalap yang mengalami luka karena winglet. Justru (dengan pelarangan) biaya akan naik tahun depan untuk teknologi aero baru," kata arsitek Ducati, Gigi Dall'Igna saat konferensi pers  Sirkuit Brno,  dikutip Crash, Jumat (19/08/2016).

"Larangan penggunaan winglet akan menyebabkan hilangnya pengetahuan untuk industri sepeda motor secara keseluruhan. Saya tidak mengerti kenapa harus melarang winglet," lanjut bekas arsitek Aprilia tersebut.

Dalam sesi konferensi pers tersebut hadir pula wakil presiden HRC- Shuhei Nakamoto, bos Yamaha- Kouichi Tsuji, dan manajer teknis Suzuki- Ken Kawauchi. Satu-satunya yang tidak datang dalam acara tersebut adalah perwakilan dari Aprilia.(exe/ist)
0 Komentar