Sabtu, 20 Agustus 2016 11:25 WIB

BG Dinilai Mampu Jawab Ancaman Tantangan di Bidang Intelijen

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Ketua Setara Institute Hendardi menilai, sosok Wakapolri Komjen Budi Gunawan (BG) mampu menjawab ancaman‎ intelijen negara kedepan.

"Sekarang tantangannya lebih banyak pada human security, seperti masalah-masalah pengungsian, pengungsi antar-negara, migrasi, pencari suaka, perdagangan orang dan lain-lain," kata Hendardi saat dihubungi, Sabtu (20/8/2016).

‎Ia menjelaskan, tantangan bidang intelijen kedepan lebih dekat dengan kerja-kerja yang berasal dari institusi kepolisian ketimbang TNI, sehingga calon Kepala BIN berlatar belakang atau pernah menduduki jabatan tinggi di Polri akan sangat membantu kinerja BIN secara keseluruhan‎.

"Ini semua lebih cocok dihadapkan atau didekati dengan cara penegakan hukum dan hak asasi manusia dibanding perspektif pertahanan," ujarnya.

Menurut dia, sosok Kepala BIN harus mampu menunjang fungsi sebagai pencari data serta mengepalai kumpulan analisa-analisa dan bekerja di ruang senyap, bukan malah sosok yang senang pencitraan. Sebab, Kepala BIN bertanggungjawab penuh kepada Presiden Republik Indonesia bukan rakyat.

"Posisi Kepala BIN tidak perlu sosok yang sering tampil di media atau megaloman, cukup kerja di ruang silent. Masyarakat tidak perlu tahu kerja BIN, cukup presiden yang tahu‎," jelas dia.

Ia melihat sosok Budi Gunawan sangat tepat jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan nama BG ke DPR untuk pencalonan Kepala BIN gantikan Sutiyoso, karena Budi Gunawan selama ini ketika bekerja di Polri dikenal sebagai sosok yang bekerja di ruang yang senyap tidak banyak tampil di media.

"Kalau secara personal, di Polri yang bersangkutan (BG) sangat terkenal sebagai solidarity maker, memiliki kemampuan kepemimpinan serta jaringan yang cukup luas, belum lagi pengalaman di satuannya. Itu mungkin dari segi personal yang mendukung‎," tandasnya.

Wacana pergantian kepala BIN mencuat pasca terpilihnya Jenderal (Pol) Tito Karnavian sebagai Kepala Polri menggantikan Jenderal (Pol) Badrodin Haiti.

Posisi Wakapolri yang saat ini diduduki Komisaris Jenderal (Pol) Budi Gunawan dikabarkan akan diganti dan yang bersangkutan didapuk menjadi Kepala BIN.
0 Komentar