Sabtu, 20 Agustus 2016 16:23 WIB

Danramil 04/Jatiasih Berikan Materi Kebangsaan kepada Pelajar SMA

Editor : Danang Fajar
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Danramil 04/Jatiasih memberikan materi wawasan kebangsaan dengan tema "Cinta Tanah Air" kepada para siswa/i tingkat SMA/SMK se Kecamatan Jatiasih, Bekasi, bertempat di Villa Yasfi (Yayasan Pendidikan Fisabilillah) yang diikuti oleh 60 peserta.

Kapendam Jaya Kolonel Inf Heri Prakosa Ponco Wibowo mengatakan pada perkembangan media sosial yang semakin marak, membuat bentuk informasi bisa diperoleh dengan sangat mudah, maka dari itu bisa menimbulkan pro kontra di lingkungan masyarakat.

"Dampak yang sangat komplek baik yang bersifat positif ataupun negatif, hal tersebut tentunya menjadi salah satu pertimbangan Danramil 04/Jatiasih untuk memberikan materi wawasan kebangsaan di kalangan pelajar dari tingkat SMA/SMK di wilayah Kecamatan Jatiasih," ujarnya, Sabtu (20/8/2016) siang.

Dirinya menambahkan materi wawasan kebangsaan ini diberikan untuk para pelajar khususnya tingkat SMA/SMK agar tidak melupakan sejarah, budaya serta Ideologi pancasila yang sudah ditanamkan sejak dini.

"Agar para pelajar tidak melupakan sejarah (JASMERAH), budaya dan idiologi pancasila serta lebih mencintai tanah air demi tegaknya NKRI, maka dari itu materi ini diajarkan," tambahnya.

Pihaknya juga memberikan pemahaman mengenai perjuangan para pahlawan dalam memberikan kemerdekaan untuk rakyat Indonesia. Itu ditunjukan dengan melaksanakan upacara bendera sebagai cara menanamkan rasa nasionalisme dan patriotisme.

"Itu bisa terjadi, dengan belajar dengan rajin, bersosialisasi dengan baik, taat beragama dan hormat kepada guru juga orang tua, sudah merupakan nilai kecintaan kita pada tanah air," katanya.

Menurutnya sebagai warga negara Indonesia harus mengerti akan sejarah yang sebenarnya terkait dengan perjuangan bangsa Indonesia menuju Kemerdekaan. Dengan menanamkan rasa cinta tanah air, berjiwa patriotisme, menghargai perbedaan budaya, ada istiadat serta, toleransi antar umat beragama.

"Sebagai insan yang berpendidikan di harapkan para siswa bisa menjadi contoh bagi masyarakat sekitar. Berbuatlah yang terbaik karena adik-adik adalah generasi penerus Bangsa agar dapat menggapai cita-cita yang diinginkan sehingga dapat menjadi kebanggaan orang tua dan lebih besar dapat mengharumkan nama bangsa dan negaraā€¯, pungkasnya.

Sekedar informasi, pemberian materi tentag "Wawasan Kebangsaan; oleh Danramil 04/JA diisi juga oleh pemateri yang lain tentang "Disiplin dan Terorisme" disampaikan oleh pembicara dari Polres Kota Bekasi, selanjutnya penceramah dari Kemenag Kota Bekasi dengan materi "Prilaku Toleransi Beragama dalam Pandangan Islam."

Adapun kegiatan lanjutan pada hari Jum'at tanggal (19/8/2016) kemarin, sudah dilaksanakan uji mental dan keberanian dengan materi Outbond yang diikuti oleh siswa siswi SMA/SMK se Kecamatan Jatiasih."Seluruh kegiatan berjalan dengan aman, tertib dan lancer," tutupnya.
0 Komentar