Kamis, 25 Agustus 2016 23:00 WIB

Menhub Sesalkan Gerbong Kereta Kertajaya Terbakar

Editor : Rajaman
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendatangi lokasi kebakaran Kereta Kertajaya yang terbakar di lintasan Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Budi menyesalkan peristiwa kebakaran yang menimpa kereta Klas Ekonomi jurusan Pasar Senen-Pasar Turi Surabaya itu.

Meski begitu, dia memastikan bahwa perjalanan calon penumpang yang akan menuju Pasar Turi Surabaya dengan Kereta akan tetap berjalan. Hanya saja tertunda 2 jam untuk mengevakuasi dan menyambung gerbong baru.

"Kami minta maaf kepada seluruh masyarakat pengguna jasa kereta atas kejadian kebakaran yang menimpa gerbong ini. Kurang lebih ada penundaan kereta selama 2 jam, namun hal ini tidak sampai terlalu berpengaruh pada layanan transportasi KA tersebut," kata Budi di lokasi, Kamis (25/8/2016).

Budi langsung meminta pihak yang terkait untuk segera melakukan evakuasi terhadap 2 unit kereta yang terbakar tersebut ke tempat yang lebih aman. Sementara itu untuk gerbong pengganti sudah disiapkan.

"Lalu segera kita evakuasi, agar lintasan rel kereta bisa segera digunakan untuk perjalanan kereta lainnya, dan kami jamin ketersediaan gerbong pengganti masih ada sehingga tidak akan menganggu perjalanan KA secara keseluruhan," jelas Budi.

Di sisi lain, Budi menyebutkan pihaknya akan segera mengevaluasi terkait pencucian dan pembersihan gerbong.

"Tapi kami tentunya akan melakukan evaluasi terhadap standar operasi prosedur (SOP) pada anggota kami yang bertugas saat terjadinya kebakaran KA ini," tegas Budi.

Seperti diketahui, hasil penyelidikan sementara dan dari penuturan saksi-saksi di lokasi, kereta terbakar usai dicuci dan hendak dibersihkan. Dugaan sementara, asal api dari genset yang ada di dalam gerbong terakhir. Diduga karena mengalami konsleting.
0 Komentar