Sabtu, 27 Agustus 2016 07:21 WIB

Pesawat Terbesar di Dunia Jatuh di Bedfordshire

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Pesawat terbesar di dunia, Airlander 10, jatuh saat menjalani uji penerbangan di Bedfordshire, Inggris, Rabu (24/08/2016). Pesawat hybrid ini menghantam tiang telegraf kemudian jatuh menukik.

Pesawat dengan panjang 92 meter ini merupakan inovasi dalam pengembangan transportasi udara, di mana pesawat Airlander 10 bisa “tinggal” di udara selama lima hari.

Kebisingan pesawat ini juga diklaim lebih rendah dari pesawat pada umumnya dan pembuangan karbon juga lebih kecil. Kecelakaan yang dialami pesawat Airlander 10 terjadi saat uji terbang kedua.

Dalam video dari lokasi kecelakaan yang diambil oleh salah satu penonton, menunjukkan pesawat tiba-tiba mengambang turun ke tanah seperti balon terbang. Tingkat kerusakan pesawat akibat kecelakaan ini belum diketahui.

Produsen pesawat, Hybrid Air Vehicles (HAV), telah mengeluarkan pernyataan untuk mengkonfirmasi kecelakaan pesawat Airlander 10. Menurut HAV, tidak ada awak yang terluka dalam musibah ini.

Pesawat Airlander 10, yang juga dijuluki sebagai “The Flying Bum” karena desain yang unik, tidak mengalami kerusakan pada bagian kokpit.

“Penerbangan ini berjalan dengan sangat baik dan satu-satunya masalah adalah ketika mendarat,” kata pihak HAV, seperti dikutip IB Times.

Pesawat Airlander 10 melakukan penerbangan perdana pada 18 Agustus 2016 atau hampir seminggu sebelum kejadian ini. Pesawat ini berhasil berhasil terbang di sekitar lapangan udara Cardington selama penerbangan setengah jam.

Pembuatan pesawat terbesar ini  menelan biaya sekitar 25 juta poundsterling dan diharapkan beroperasi penuh pada 2021 mendatang.(exe/ist)
0 Komentar