Sabtu, 27 Agustus 2016 14:22 WIB

Puntung Rokok Capai 300 Miliar Batang Pertahun, Produsen Diminta Tanggung Jawab

Editor : Danang Fajar
Laporan : Bili Achmad

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) meminta produsen rokok bertanggung jawab terhadap sisa puntung rokok yang dibuang sembarangan.

Ketua Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI),Tulus Abadi, mendesak industri rokok menarik puntung rokok yang terbuang ke laut sehingga mencemari laut.

"Perlu diketahui, puntung rokok merupakan sampah nomor satu setelah nomor duanya plastik yang berkontribusi besar dalam pencemaran ekosistem laut termasuk trumbu karang, jadi seharusnya industri rokok menarik puntung-puntung rokoknya kemudian dimusnahkan," tegas Tulus di Resto Warung Daun, Cikini, Jakpus, Sabtu (27/8/2016).

Selain itu, sisa puntung rokok yang terbuang juga dapat mengakibatkan bahaya lain

"Tidak seperti sekarang dibuang dimana-mana bahkan bisa timbulkan kebakaran, ini kan industri rokok harusnya ikut tanggung jawab," lanjut Tulus.

Sekedar info, bahwa setiap satu puntung rokok butuh sepuluh tahun untuk terdaur, kalaupun sudah terdaur maka akan terjadi proses kimiawi yang berbahaya bagi lingkungan.

Sekurang-kurangnya 75% dari total rokok yang dikonsumsi di Indonesia yang berarti sekitar 300 miliar batang per tahun dibuang ke alam, sehingga bisa menyebabkan peracunan daratan, termasuk ekosistem air tawar,selama lebih dari satu dekade.
0 Komentar