Minggu, 28 Agustus 2016 23:00 WIB

39 RW Di Wilayah Jakarta Terkena Dampak Banjir

Editor : Rajaman
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Sebanyak 39 RW di wilayah Jakarta terendam banjir akibat hujan deras yang mengguyur Ibukota, Sabtu (27/8/2016) kemarin.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan banjir kemarin terpusat di wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

"Banjir terkonsentrasi di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur karena hujan kemarin berintensitas tinggi turun di wilayah tersebut kemarin," ujarnya, saat dihubungi, Minggu (28/8/2016).

Dirinya menambahkan selain karena hujan deras yang mengguyur dua wilayah tersebut, banjir terjadi akibat saluran drainase tidak mampu menampung serta mengalirkan aliran permukaan dari hujan.

"Karena ada beberapa saluran yang bermasalah menyebabkan tidak bisa tertampungnya air, dan hujan berintensitas tinggi seringkali menimbulkan banjir dan genangan di wilayah Jakarta," tambahnya.

Menurut informasi yang dihimpun oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta saat banjir melandah wilayah Jakarta Timur dan Jakarta Selatan kemarin, ada sekitar 39 RW di 15 Kelurahan dan 8 Kecamatan di kedua wilayah tersebut terendam.

"Sebanyak 10.538 KK atau 31.622 jiwa terdampak langsung oleh banjir. Tidak ada pengungsian akibat banjir," jelasnya.

Dirinya juga menghimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap banjir yang ada diwilayah Jakarta, karena hal tersebut dipengaruhi oleh fenomina La Nina atau fenomena alam global ditandai dengan kondisi suhu laut di perairan Samudera Pasifik.

"Fenomena La Nina diperkirakan akan memberikan pengaruh meningkatnya hujan. Terlebih lagi pada saat musim hujan nanti diperkirakan curah hujan meningkat lebih besar sehingga potensi banjir di Jakarta akan meningkat. Hujan lebat diprediksi berlangsung November 2016 hingga Maret 2017 nanti di wilayah Jakarta," pungkasnya.
0 Komentar