Senin, 29 Agustus 2016 16:31 WIB

Antisipasi Kebakaran Lahan, BNPB Bentuk Satgas Gabungan

Editor : Rajaman
Laporan: Muchammad Syahputra

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Terkait dengan kebakaran lahan di 138 titik wilayah di Indonesia, pihak Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melakukan sinergitas untuk melakukan antisipasi serta pemadaman.

Kepala Pusat Data Dan Informasi Bagian Humas BNPB Sutopo mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan strategi dengan menggelar operasi untuk mengantisipasi kebakaran lahan serta memadamkan api dibeberapa titik rawan pembakaran.

"Strateginya kita siapkan operasi pemadaman darat Satgas gabungan dari TNI, Polri dan Masyarakat peduli api relawan dan beberapa instansi lainnya untuk mencegah serta melakukan pemadaman apabila ada pembakaran lahan," ujarnya, di Kantor BNPB, Senin (29/8/2016).

Dirinya menambahkan, selain mengajak beberapa elemen untuk mengantisipasi serta memadamkan api, pihaknya juga melakukan bentuk penanganan kebakaran dengan melakukan operasi pemadaman udara.

"Selain operasi darat adapula operasi pemadaman udara dengan waterbom teknologi modif cuaca ground mist generator di bandara. Dan Operasi penegakan hukum sosialisasi. Perawatan dan pelayanan kesehatan serta Pemberdayaan masyarakat," tambahnya.

Selain melakukan antisipasi dengan memberikan beberapa cara untuk mengatasi kebakaran lahan, pihaknya juga menjelaskan beberpa lokasi sudah menyatakan siaga darurat.

"Maka dari itu BNPB dapat memberikan dana siap pakai dan peralatan pemadaman. Kita juga memanfaatkan dana hibah dari Tiongkok dengan nominal 20.3 miliar," jelasnya.

Dirinya menjelaskan, untuk tahun ini kebakaran lahan dibeberapa titik di Indonesia bisa teratasi dan perbandingan antara tahun 2015 dan 2016 terhitung mengalami penurunan hingga 61 persen.

"Hal tersebut tidak lepas dari keinginan pemerintah yang sangat kooperatif dalam melakukan penanganan. Kondisi alam pun mendukung kita mengatasi kebakaran, karena La nina akan menguat pada September Oktober," pungkasnya.
0 Komentar