Selasa, 30 Agustus 2016 11:08 WIB

Petugas Harus Humanis dan Tegas Tindak Pelanggar Ganjil-Genap

Editor : Hermawan
Laporan: Arif Muhammad Riyan

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta menggelar apel kesiapan petugas penerapan kebijakan ganjil-genap yang resmi diberlakukan pada hari ini, Selasa (30/8/2016).

Apel yang diikuti seratusan personel gabungan anggota dari Ditlantas Polda Metro Jaya dan anggota Dishubtrans DKI Jakarta tersebut digelar di lapangan Silang Monumen Nasional (Monas) Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2016) pagi.

Dalam apel tersebut, Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Syamsul Bahri meminta kepada petugas untuk melakukan penindakan secara humanis kepada pengendara yang melanggar sistem ganjil-genap.

"Saya minta petugas humanis, tapi harus tegas dan tidak ada toleransi terhadap yang melanggar," ujar Kombes Syamsul, usai apel di Monas, Selasa (30/8/2016).

Kombes Syamsul mengatakan saat melakukan penindakan terhadap pelanggar berusaha untuk tidak membuat arus lalu lintas di sekitar lokasi menjadi kemacetan. Arus lalu lintas harus tetap lancar.

"Pada saat penindakan harus tetap menjaga arus lalu lintas tetap lancar," ucapnya.

Di tempat yang sama, Wakil Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi (Wakadishubtrans) DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan jumlah personel gabungan yang mengikuti apel tersebut ada sebanyak 200 petugas.

"Apel ini tidak hanya fokus pada ganjil-genap saja, tapi juga rute alternatif dan simpul kemacetan," kata Sigit.

Ia pun berharap di hari pertama penerapan sistem pengganti 3 in 1 tersebut tidak ada pengendara yang melanggar lagi.

"Harapannya bahwa pelanggaran semakin menurun, pada saat ini minimal tidak ada pelanggaran karena kami sudah dua bulanan sosialisasi," ujar Sigit.

 
0 Komentar