Selasa, 30 Agustus 2016 12:22 WIB

Jelang Idu Adha, Kemenang Akan Gelar Sidang Isbat 1 September

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Menjelang hari raya Idul Adha, Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang itsbat untuk menetapkan awal Zulhijjah 1437 H pada (1/9/2016) mendatang. Sidang akan digelar di Kantor Kemenag Jalan MH Thamrin Nomor 6 Jakarta pukul 17.00 WIB.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, M. Thambrin, mengatakan, sidang itsbat akan dihadiri pimpinan ormas Islam, Ketua MUI, duta besar negara sahabat, dan sejumlah tokoh Islam.

Sidang diawali dengan sesi pra sidang berupa pemaparan posisi hilal awal Zulhijjah 1437 H oleh anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag, Cecep Nurwendaya pada pukul 17.00 WIB.

Setelah salat Maghrib, sidang digelar dengan pembukaan sidang itsbat oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dilanjutkan dengan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal oleh M. Thambrin.

Sidang itsbat dilakukan secara tertutup seperti saat sidang penentuan awal Ramadhan dan 1 Syawal. Namun, awak media diberikan kesempatan untuk melakukan pengambilan gambar suasana sidang sebelum sidang resmi dimulai. Hasil sidang itsbat akan disampaikan secara terbuka kepada masyarakat melalui konferensi pers.

"Sidang itsbat dilakukan tertutup dan setelahnya akan dilakukan konferensi pers hasil sidang itsbat oleh Menteri Agama," tandas Thambrin, Selasa (30/8/2016).
0 Komentar