Selasa, 30 Agustus 2016 15:41 WIB

Antisipasi Banjir, Dinas Tata Air Lakukan Pengerukan Kali Krukut

Editor : Rajaman
Laporan: Gita Ginting

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Belasan Petugas Dinas Tata Air DKI Jakarta melakukan pengerukan Kali Krukut dengan sebuah alat berat di Jalan Taman Kemang I, Mampang, Jakarta Selatan, Selasa (30/8/2016).

Dimana, pengerukan dilakukan lantaran selama ini petugas belum pernah melakukan normalisasi kali Krukut, sehingga membuat air kali meluap dengan cepat ke pemukiman warga saat hujan tiba.

Kepala Seksi Dinas Tata Air Kecamatan Mampang Torkis Tambunan mengatakan saat ini pihaknya sedang menunggu operator untuk mengendalikan alat berat untuk mengeruk Kali Krukut.

Menurutnya, hal ini hanya sebuah langkah antisipasi seperti pembuatan bronjong dan pasir dalam karung, untuk menghindari luapan air kembali. Sebab, disekitar lokasi Kali Krukut tidak ada tanggul pembatas atau sheet pile. Hanya terdapat tembok-tembok milik warga untuk menghalangi air saat Kali Krukut meluap.

"Disini baru satu alat berat yang dikerahkan. Ada juga di Kemang Selatan 12. Proses pengerukan harus terus dikerjakan. Kali Krukut semakin dangkal," ujar Torkis, dilokasi.

Sesuai rapat pimpinan bersama Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpu-Pera), kata Torkis, Kali Krukut harus segera di normalisasi. Sebab, tembok warga di Jalan Taman Kemang I sendiri sudah jebol selebar 30 meter.

"Kemarin trase kali harus 20 meter," tandas Torkis.
0 Komentar