Selasa, 30 Agustus 2016 22:24 WIB

Walikota Tangerang Jamin Prioritaskan Kebutuhan Dasar Masyarakat

Editor : Yusuf Ibrahim

Laporan Hendrik Simorangkir


TANGERANG, Tigapilarnews.com- Walikota Tangerang, Arief R. Wismansyah, menjamin bahwa program pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat akan tetap menjadi prioritas pembangunan.


Meskipun, ditambahkannya, pemerintah pusat telah mengurangi Dana Alokasi Umum (DAU) bagi Kota Tangerang.


"Kita tetap akan prioritaskan pembangunan infrastruktur, dan kita tetap upayakan program tersebut berjalan dengan baik," ujar Arief, Selasa (30/08/2016).


Program pemenuhan infrastruktur dasar masyarakat yang dimaksud, antara lain yakni program bedah rumah yang ditargetkan mencapai 2800. Kemudian 180 ribu meter jalan lingkungan dan 140 ribu meter saluran termasuk pendidikan dan kesehatan.


Menyikapi pengurangan DAU tersebut, ia menjelaskan bahwa terus berusaha dan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, baik itu presiden langsung maupun menteri keuangan dan menteri dalam negeri untuk meninjau kembali kebijakan tersebut. Apalagi, program-program Pemkot Tangerang memerlukan dana yang tidak sedikit.


"Kita sudah bersurat meminta penundaan. Karena kami sudah mengharukan anggaran tersebut untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat," jelasnya.


Sebagai informasi, pemerintah pusat melalui Menteri Keuangan Sri Mulyani telah mengeluarkan surat keputusan terkait pengurangan DAU bagi pemerintah daerah termasuk Kota Tangerang yang dikurangi DAU-nya, sebesar Rp 159 miliar.


Namun demikian, ia juga menyampaikan bahwa pihaknya akan tetap memaksimalkan potensi pendapatan daerah yang ada untuk membiayai pembangunan di Kota Tangerang jika pemerintah pusat tetap akan melanjutkan kebijakan tersebut.


Lebih jauh dikatakannya, juga akan mengurangi belanja daerah yang tidak penting terutama dari sektor perjalanan dinas atau makan minum rapat. "Nanti kita kurangi biaya perjalanan dinas," tutupnya.(exe/ist)


0 Komentar