Rabu, 31 Agustus 2016 22:05 WIB

Menpora Imam Harap Tinju Nasional Bangkit Mulai dari Desa-desa

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menpora Imam Nahrawi didampingi Staf Khusus Olahraga M. Khusen, menerima audiensi dari petinju Chris John yang hadir bersama rekan-rekannya Limi, Longines Tamio, Buyung WK, Nicolemus Mawarto di ruang kerjanya lantai 10 Kantor Menpora Senayan, Jakarta, Rabu (31/08/2016) malam.


Chris John berencana akan mendirikan kompetisi tinju nasional kelas reguler dan perdana akan digelar pada 2 September 2016 bertajuk Chris John Indonesia Boxing Championship. Menurutnya, petinju yang akan menjadi juara dunia harus melewati proses dari bawah.


"Dahulu petinju nasional sudah luar biasa prestasinya dan itu tidak lepas dari binaan reguler. Saya yakin penggemar tinju di Indonesia masih luar biasa," ujar Chris.


"Di luar negeri, setiap ada pertandingan profesional pasti di kombinasi dengan amatir. Di kelas 57 kg (bulu) ke bawah petinju kita masih sangat berpotensi. Kita akan bina mereka mencapai kelas di atasnya. Saya yakin, bakat-bakat itu ada dan banyak di Indonesia, sedikit kita poles dan akan kita munculkan," ucap juara dunia WBA 18 kali itu.


Menanggapi hal itu, Menpora ucapkan terima kasih kepada Chris John. Menurutnya, Chris mampu memotivasi generasi tinju di Indonesia. "Inspirasinya tidak berhenti saat Chris menjadi juara dunia. Tetapi terobosannya menjadi semangat dan motivasi kita semua bahwa menjadi juara memerlukan proses panjang," ujar Menpora.


Pemerintah berharap tinju nasional kembali bangkit dan bersemangat kembali. "Juara dunia tinju telah lahir melalui tangan Chris John yang telah mengharumkan Tanah Air Indonesia, pemerintah ingin cabang olahraga tinju menjadi salah satu cabor yang dapat dipertandingkan di Olimpiade Tokyo 2020 mendatang," kata Menpora.


"Mulai hari ini kita akan mulai proses panjang saling membantu dan support, pertandingan Chris John akan memotivasi dan menginspirasi petinju tanah air agar seperti dia. Sebab, dengan begitu, akan banyak lahir forum, acara-acara atau pertandingan yang melibatkan petinju amatir yang belum mencuat di tanah air," lanjutnya.


Ia berharap, tinju nasional baik tinju pria dan wanita bangkit mulai dari desa-desa. "Saya yakin kedepan akan banyak lahir juara juara dunia baru yang akan melanjutkan prestasi Chris John, Daud Jordan dan lain sebagainya," harap Menpora.(exe/ist)

0 Komentar