Kamis, 01 September 2016 06:45 WIB

Korut Eksekusi Mati Wakil PM di Bidang Pendidikan

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Korea Utara (Korut) kembali dilaporkan melakukan eksekusi mati terhadap pejabat tinggi mereka.

Kali ini pejabat yang dieksekusi adalah wakil Perdana Menteri Korut di bidang Pendidikan, Kim Yong Jin. Selain melakukan eksekusi terhadap Yong Jin, menurut Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel), Pyongyang juga memperingatkan dua pejabat tinggi mereka lainnya.

Salah satu pejabat yang mendapat teguran adalah Kim Yong Chol, yang biasa mengurusi hubungan Korut dan Korsel. "Kim Yong Chol, kepala  Departemen Front Persatuan Utara yang menangani hubungan antar-Korea, dipaksa untuk mengikuti apa yang disebut dengan langkah-langkah revolusioner," kata juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel, Jeong Joon-hee seperti dilansir Reuters pada Rabu (31/08).

Namun, Jong-hee enggan memberikan rincian lebih lanjut mengenai kemungkinan mengapa Pyongyang mengekusi Yon Jin, dan menegur Yong Chol dan seorang pejabat lainnya.


Sebelumnya, rezim Korut dituduh telah mengeksekusi dua pejabatnya pada awal Agustus karena tidak mematuhi pemimpin negara itu, Kim Jong-un. Eksekusi itu disebut dilakukan dengan senjata antipesawat.


Tuduhan ini muncul dalam laporan surat kabar Korsel, kemarin. Jika dikonfirmasi Korut, maka ini merupakan eksekusi terbaru yang dilakukan rezim Kim Jong-un sejak dia berkuasa tahun 2011. Jong-un menggantikan ayahnya, Kim Jong-Il yang meninggal karena sakit.(exe/ist)

0 Komentar