Jumat, 02 September 2016 16:01 WIB

Manajemen Targetkan 15 Juta Penumpang Transjakarta Per Bulan

Editor : Hermawan
JAKARTA, Tigapilarnews.com - PT Transjakarta menargetkan jumlah penumpang bus Transjakarta mencapai 15 juta per bulan. Oleh sebab itu, peningkatan terus dilakukan agar penumpang dapat terus bertambah

Direktur Utama PT Transjakarta, Budi Kaliwono menjelaskan pada Agustus lalu, jumlah penumpang sudah mencapai 11,68 juta orang. Diharapkan, setiap bulan ada peningkatan jumlah penumpang.

"Tahun ini, kami kejar 15 juta penumpang per bulan. Jadi, memang ini semua ada targetnya, bulan lalu bisa capai 11,6 juta, itu untuk Agustus kemarin," ujar Budi di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (2/9/2016) petang.

Budi mengatakan berbagai cara telah dilakukan untuk bisa meningkatkan jumlah penumpang. Salah satunya menambah bus secara bertahap.

Selain itu, upaya sterilisasi jalur bus Transjakarta bekerja sama dengan Dinas Perhubungan dan Trasportasi DKI dan Polda Metro Jaya.

Peningkatan jumlah penumpang ini juga didukung dengan penerapan sistem ganjil-genap yang mulai dilakukan uji coba pada akhir Juli lalu.

Saat ini, kebijakan tersebut telah diterapkan dengan denda sanksi tilang.

"Kalau dari kami analisa sterilisasi sukses, Ditlantas (Polda Metro Jaya) terima kasih ganjil-genap juga sukses," ucap Budi.

Budi menuturkan Agustus rata-rata penumpag setiap hari mencapai 374 ribu. Jumlah penumpang pada Agustus meningkat sekira 10 persen dibandingkan dengan Juni lalu.

Pada bulan Juni jumlah penumpang mencapai 10,2 juta orang, dengan rata-rata per hari 340 ribu orang.

"Perbandingan tidak bisa dilakukan dengan bulan Juli. Karena pada Juli terpotong dengan libur Lebaran," jelasnya.

Dijelaskan Budi, selama pelaksanaan ganjil genap, pihaknya mengoperasikan sebanyak 1.000 unit bus.

Sebelumnya, jumlah bus yang dioperasikan hanya sebanyak 850 unit. Khusus pada koridor yang diterapkan ganjil-genap, jumlah bus juga terus ditambah. (ist)

 
0 Komentar