Jumat, 02 September 2016 22:51 WIB

PM Turki Ucapkan Duka Cita kepada Uzbekistan

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Perdana Menteri Turki, Binali Yildirim, mengutarakan ucapan duka cita kepada Uzbekistan atas meninggalnya Islam Karimov.

Karimov adalah Presiden pertama dan satu-satunya yang pernah dimiliki oleh Uzbekistan. "Presiden Uzbekistan, Islam Karimov telah meninggal dunia. Semoga rahmat Allah besertanya, mewakili Republik Turki kita berbagi rasa sakit dan kesedihan dengan masyarakat Uzbekistan," ucap Yildrim dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Jumat (02/09/2016).
Karimov dilaporkan telah meninggal dunia beberapa saat lalu. Dia tutup usia pada usia 78 tahun. Karimov dalam sepakan terakhir memang diketahui tengah mendapatkan perawatan intensif karena stroke.

Kabar kematian Karimov dihembuskan oleh tiga orang diplomat senior Uzbekistan. "Ya dia sudah meninggal," kata seorang diplomat yang tidak ingin disebutkan namanya, ketika ditanya mengenai kondisi Karimov.

Namun, sejauh ini pemerintah Uzbeksitan belum memberikan pernyataan apapun mengenai laporan kematian Presiden mereka tersebut.


Karimov sendiri telah memerintah sejak tahun 1989, atau sejak dia menjabat sebagai pemimpin Partai Komunis setempat. Dia kemudian diangkat sebagai Presiden tahun 1991, atau sejak Uzbekistan merdeka dari Uni Soviet. Sejak saat ini dia tidak pernah turun dari kursi kepemimpinannya.(exe/ist)

0 Komentar