Sabtu, 03 September 2016 07:56 WIB

Agen Pogba dan Mkhitaryan Terima Komisi Rp414 Miliar

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Ingar bingar jendela bursa transfer musim panas 2016/2017 resmi ditutup.

Label pemain termahal pun sudah diberikan kepada Paul Pogba setelah ia sepakat meninggalkan Juventus dan bergabung ke Manchester United dengan biaya transfer 105 juta euro atau sekira Rp1,5 triliun dengan durasi lima tahun.

Di balik kedatangan Pogba, ada beberapa pihak yang berperan menentukan karier pesepakbola tersebut. Sebut saja Mino Raiola, dia adalah salah satu agen yang punya pengaruh besar terhadap karier pemain.

Lantas, bagaimana keuntungan yang didapat pria bertubuh gempal tersebut setelah sukses memuluskan proses kepindahan pemain.

Dari hasil kesepakatan Pogba pindah ke United, Raiola diketahui menerima keuntungan sebesar 20 juta euro (Rp296 miliar). Tak hanya gelandang asal Perancis saja yang berhasil bergabung bersama Setan Merah di musim ini.

Raiola juga sukses memuluskan proses transfer Zlatan Ibrahimovic dan Henrikh Mkhitaryan ke United. Menurut data yang didapat dari Sportskeeda, Jumat (02/09/2016), Raiola hanya menerima jatah sebesar 8 juta euro (Rp118 miliar) dari hasil kesepakatan Mkhitaryan sebesar 28 juta euro.

Sementara dia tidak mendapatkan komisi dari hasil pembelian Ibracadabra, sebab pemain berpaspor Swedia saat itu berstatus bebas transfer dari Paris Saint Germain (PSG). Dengan demikian, secara total Raiola sudah menerima keuntungan sebesar 28 juta euro (Rp414 miliar).

Dari data yang dirangkum dari beberapa sumber, Raiola telah menekuni profesi sebagai agen sejak lama, dan mengambil manfaat yang amat besar dari pekerjaannya ini. Sukses yang ia dapat adalah hasil kerja kerasnya membangun relasi yang baik dengan para pemain dan klub.

Sarjana hukum yang sempat bekerja sebagai tukang antar pizza itu tidak hanya membangun relasi saja, pengetahui perihal detail kontrak dan industri sepak bola Eropa juga membantu pemain dalam menentukan arah kariernya.

Inilah yang membuat direktur klub terpaksa menjalin kemesraan dengan agen agar kesempatan untuk membeli pemain terbuka lebar.(exe/ist)
0 Komentar