Senin, 05 September 2016 11:30 WIB

Soal Kontribusi Tambahan Reklamasi Ahok Tak Percaya dengan Sekda

Editor : Rajaman
Laporan: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Dalam kesaksiannya di sidang dugaan suap reklamasi dengan terdakwa Mohamad Sanusi, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengungkapkan ketidakpercayaannya dengan Sekertaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Saefullah.

Kekhawatiran Ahok ini terkait dengan kontribusi tambahan dalam reklamasi teluk Jakarta. Mantan Bupati Belitung Timur ini mencurigai adanya kesepakatan yang akan terjadi.

Pasalnya, Ahok menyadari. Saefullah punya posisi strategis dalam bernegosiasi dengan DPRD DKI Jakarta. Ahok ingin kontribusi tambahan 15 persen. Namun DPRD tak ingin besarannya 15 persen, atau bahkan bila perlu dihilangkan saja. Apa yang dicurigai Ahok dari Sekda dalam pembahasan Raperda yang direncanakan memuat aturan kontribusi tambahan itu?

"Saya curiga ini sengaja supaya pas saya tidak jadi gubernur, atau pas saya cuti lagi pemilihan, Pergubnya dikeluarkan dengan angka yang tidak sesuai dengan angka saya," tutur Ahok di Pengadilan Tipikor, Senin (5/9/2016).

Ahok khawatir bila saja saat itu pembahasan Raperda lanjut sampai jelang Pilgub DKI nanti, maka pembahasan bisa berubah ke arah yang tak sesuai rencana. Namun nyatanya pembahasan Raperda itu berhenti beberapa bulan lampau.

Semula, Ahok bahkan tak keberatan bila membuat Peraturan Gubernur (Pergub) saja bila Perda tak bisa disahkan lewat paripurna DPRD DKI. Namun tawaran Ahok ini juga akhirnya ditolak.

"Kalau mau Pergub, Pergubnya siapkan sekarang. Supaya begitu ketok palu, langsung tanda tangan, saya tidak sempat cuti, tidak sempat berhenti. Langsung setelah itu Balegda membatalkan saja, tidak berani, tidak mau paripurna," kata Ahok.
0 Komentar