Selasa, 06 September 2016 08:05 WIB

Kirab Api PON XIX/2016 Jawa Barat Akan Tempuh Jarak1005,6 KM

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Puan Maharani, membuka upacara pelepasan Api PON XIX/2016 Jawa Barat di Kabupaten Indramayu, Senin (05/09/2016).

Sebelumnya pengambilan Api dilakukan di sumber api alam Desa Majakerta, Kecamatan Balongan, pada pukul 07.00 pagi WIB.

Pengambilan api dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman, didampingi Bupati Indramayu, Anna Sophanah. Selanjutnya obor Api PON diserahkan kepada Kopda Yulianto dari Arhanudse Kodam III Siliwangi dan diarak oleh pasukan gabungan menuju alun-alun Indramayu yang berjarak sekitar lima kilometer.

Dari alun-alun Indramayu Api PON dilepas oleh Menko PMK yang didampingi Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman, Ketua KONI Jabar, Ahmad Saefudin dan pejabat lainnya. Api PON dibawa oleh sejumlah atlet legendaris Indramayu yang berprestasi yakni mantan lifter angkat berat Darma, Suprayitmo dan yang lainnya.

"Semoga kirab Api PON bisa berjalan sukses dan berkah untuk kita semua," kata Puan, sebelum melepaskan peserta kirab Api PONĀ  XIX di Alun-alun Indramayu seperti dikutip situs resmi PON.

Puan berharap dengan diselenggarakannya PON XIX Jabar, maka bisa menjadikan momentum tonggak pembangunan manusia Indonesia sebagai bangsa pemenang. "Kita jadikan momentum PON sebagai tonggak pembangunan manusia Indonesia sebagai pemanang," tuturnya pada kata sambutan.

Kirab Api PON akan melewati semua Kabupaten/Kota yang berada di Jawa Barat dan berjarak 1005,6 KM dari titik pemberangkatan sampai tujuan hingga 17 September mendatang atau tepat saat acara pembukaan event empat tahunan tersebut.(exe/ist)
0 Komentar