Selasa, 06 September 2016 15:53 WIB

Kunjungi Kapal Perang Tumbuhkan Inspirasi Pelajar

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Keberadaan kapal perang milik Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) yang sedang sandar di Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara dimanfaatkan puluhan pelajar Sekolah Alam Cikeas untuk melihat langsung dan mengenal kapal perang salah satunya KRI Tanjung Nusanive 973, Selasa (6/9/2016).

Sebanyak 51 pelajar Sekolah Puri Cikeas, Bogor, begitu antusias untuk mengetahui seluk beluk kapal perang yang berjenis kapal angkut personil ini. Mereka didampingi 7 orang guru yang rata-rata juga belum pernah menaiki kapal perang tersebut.

"Kunjungan anak sekolah ke KRI Tanjung Nusanive 973 dalam rangka membina potensi maritim, jadi anak-anak kita yang masih muda belia ini, kita perkenalkan dengan alusista TNI AL, sehingga hal ini akan menumbuhkan minat belajar mereka," jelas Komandan KRI Tanjung Nusanive 973, Letkol Laut (P) Rapy Ta'dung, dilokasi Selasa (6/9/2016) siang.

Letkol Rapy mengatakan bahwa di kapal tersebut bukan hanya persenjataan lengkap untuk kapal perang, namun juga terdapat fasilitas sekelas hotel bintang lima. Kamar VVIP atau VIP, misalnya, dilengkapi dengan fasilitas seperti ruang tamu, spring bed empuk, dan televisi.

"Segala fasilitas ini sengaja disiapkan bagi para personel TNI Angkatan Laut yang hendak bertugas di sebuah lokasi penugasan. Alasannya, supaya tidak jenuh selama diperjalanan. Hal itu wajar sebab KRI Tanjung Nusanive adalah jenis kapal bantu angkut personel," ujar Letkol Rapy.

Letkol Rapy menambahkan, dari kunjungan itu diharapkan dapat menumbuhkan minat dan cita-cita untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut.

"Kalau dari sekarang, di usia dini sudah punya cita-cita menjadi Angkatan Laut, kemudian kita sampaikan syarat-syarat untuk menjadi TNI AL. Diharapkan tumbuhnya minat belajar anak-anak agar lebih berprestasi lagi," tambah Letkol Rapy

Sementara itu, Kolinlamil juga memberikan kesempatan kepada pihak-pihak sekolah yang telah mengajukan permohonan kunjungan. Adanya kegiatan kunjungan anak sekolah ini dimaksudkan untuk memperkenalkan dunia kemaritiman secara umum dan kapal-kapal perang TNI AL khususnya Kolinlamil kepada para pelajar atau anak didik secara dini mulai dari Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, maupun Sekolah Lanjutan.
0 Komentar