Selasa, 06 September 2016 19:45 WIB

Fit and Proper Test Calon Kepala BIN Tertutup, Ini Penjelasan Komisi I

Editor : Rajaman
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Fit and Proper Test calon Kepala BIN Komjen Budi Gunawan esok hari. Dipastikan uji kepatutan dan kelayakan yang dilakukan kepada Wakapolri ini berlangsung tertutup.

Komjen Budi akan memaparkan visi dan misinya sebagai Kepala BIN di awal sesi. Selanjutnya, para anggota DPR akan mengajukan pertanyaan untuk proses pendalaman.

"Atas pertimbangan dari Komisi I, rapat internal tadi memutuskan untuk proses besok tertutup," kata Ketua Komisi I Abdul Kharis Almasyhari di Gedung DPR, Selasa (6/9/2016).

Uji akan berlangsung mulai pukul 10.00 WIB pada Rabu (7/9) besok. Setelah fit and proper test, Komisi I akan langsung berembug untuk merumuskan pertimbangan pencalonan Komjen Budi. Proses itu juga berlangsung tertutup.

"Ini hanya pertimbangan, kita tidak ambil keputusan setuju atau menolak. Selanjutnya disampaikan ke paripurna pada hari Kamis," jelas politikus PKS ini.

Pada fit and proper test Kepala BIN Sutiyoso silam, pemaparan visi dan misi masih bisa diikuti oleh publik. Kharis lalu menjelaskan alasan kali ini dibuat tertutup sejak awal.

"Karena banyak hal hal strategis terkait intelijen yang tidak mungkin untuk dibuka," ucap Kharis.

Dia pun menjamin proses berjalan dengan fair meski tertutup. Komisi I memastikan tak ada 'permainan' di uji calon Kepala BIN ini.

"Enggak ada," jawabnya.

Sesuai hasil rapat Badan Musyawarah, hasil fit and proper test di Komisi I akan dilaporkan saat paripurna pada Kamis (8/9) mendatang. Hasilnya lalu akan disampaikan pimpinan DPR ke presiden.
0 Komentar