Rabu, 07 September 2016 19:35 WIB

Petugas Dinsos DKI Jemput Lansia yang Ditelantarkan Keluarganya

Editor : Danang Fajar
Laporan: Ryan Suryadi

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Petugas Dinas Sosial DKI Jakarta menjemput wanita lanjut usia yang ditelantarkan keluarga di Bukit Duri, Kampung Melayu Kecil, Tebet, Jakarta Selatan. Lansia tersebut dilaporkan warga setempat karena tidak ada keluarga yang merawat dan dalam kondisi lemah.

Kepala Seksi Sosial Kecamatan Tebet, Herlina Tambunan mengatakan, mendapati adanya laporan warga. Tim Reaksi Cepat Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan segera melakukan penjemputan.

"Ketika kami sampai lokasi, kami berkoordinasi dulu dengan aparat setempat, RT dan RW untuk evakuasi wanita lansia tersebut. Ternyata wanita itu tidak ada keluarga yang mau merawatnya," kata Herlina.

Ia melanjutkan, kondisi telantar itu disebabkan karena faktor ekonomi. Wanita lansia tersebut memiliki dua orang anak. Satu berada di penjara sedangkan yang satunya lagi tidak memiliki pekerjaan.

"Ia juga memiliki dua cucu yang masih kecil-kecil. Tempat tinggal sebelumnya merupakan sewaan yang dibayarkan oleh mantan menantunya," ujar Herlina.

Setelah berkoordinasi dengan aparat setempat, pihaknya meminta persetujuan keluarga untuk membawanya ke panti. Di panti milik Dinas Sosial DKI, lansia itu akan mendapat perawatan.

"Sebelum dibawa ke panti, kami bawa dulu ke Rumah Sakit untuk mengetahui kondisinya. Karena ketika kami jemput, kondisinya sedang lemah. Kami khawatir dia sedang dalam kondisi tidak sehat," tambah Herlina.
0 Komentar