Rabu, 07 September 2016 20:50 WIB

Peringati 12 Tahun Kematian Munir, 6 Sutradara Rilis Film Merawat Ingatan

Editor : Hermawan
Laporan: Bili Achmad

JAKARTA,Tigapilarnews.com - Memperingati 12 tahun kematian aktivis HAM Munir, sebanyak 6 sutradara lintas generasi merilis film yang terbingkai dalam tema 'Merawat Ingatan' di 12 kota mulai 4 sampai 11 September 2016.

Enam sutradara itu, adalah Riri Riza, Ratrikala Bhre, Lexy Rambadeta, Steve Pilar, Dhandy Dwi Laksono, dan Hariwi.

Istri almarhum Munir, Suciwati melalui Omah Munir mencanangkan pemutaran film serentak di berbagai daerah meliputi 23 kota, di antaranya: Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Malang, Bali, Lombok, Makassar, Pekanbaru, Medan, Papua, Ambon, Aceh, Jombang, Purwakarta, Bogor, Lampung, Padang, Palembang, Manado, dan Bangka.

"Nanti, kami akan lakukan pemutaran film serentak di kampus, komunitas, kafe, kantor, lembaga swadaya masyarakat, bahkan di tempat pengungsi seperti Sampang," ungkap Suciwati di Kafe Kinosaurus, Kemang, Jaksel, Rabu (7/9/2016).

Suciwati melihat pentingnya bagi generasi muda untuk membuka mata tentang episode sejarah bangsa yang kelam, yaitu pembunuhan Munir.

"Enam Sutradara telah merekam dan mendokumentasikan Munir agar tidak menguap di udara, dua puluh tiga kota menghimpun semangat luar biasa untuk melawan lupa," tandasnya.

Judul film dari masing-masing sutradara yang akan diputar meliputi, antara lain: Tuti Koto A Brave Woman, Bunga Dibakar, Garuda's Deadly Upgrade, His Story, Kiri Hijau Kanan Merah, dan Cerita Tentang Cak Munir.

Munir memang dikenal sebagai sosok yang memperjuangkan HAM tanpa memandang perbedaan agama, ras, dan keyakinan politik seseorang.

Sehingga dengan diputarkannya film-film tersebut, maka dapat membuka mata masyarakat sekaligus mengajak masyarakat melawan lupa terhadap kasus penegakan hukum yang tak kunjung tuntas hingga saat ini.

 
0 Komentar