Kamis, 08 September 2016 08:22 WIB

PBB Kutuk Peluncuran Rudal Balistik Korut

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Dewan Keamanan (DK) PBB mengutuk peluncuran rudal balistik terbaru Korea Utara (Korut).

Tidak hanya mengutuk, DK PBB juga mengancam akan memberikan tindakan lebih lanjut yang signifikan jika Korut menolak untuk menghentikan uji coba nuklir dan rudalnya.

"Anggota Dewan Keamanan menyesalkan semua kegiatan rudal balistik Republik Rakyat Demokratik Korea, termasuk peluncuran ini. Kegiatan-kegiatan tersebut berkontribusi bagi pengembangan sistem senjata nuklir Korut dan meningkatkan ketegangan," begitu bunyi pernyataan DK PBB seperti dikutip dari Reuters, Rabu (07/09/2016).

Dalam pernyataannya, DK PBB mengatakan anggota akan terus memantau situasi dan mengambil langkah-langkah lebih lanjut yang signifikan namun tanpa memberikan menjelaskan lebih lanjut.

Selain itu, DK PBB mendesak semua negara anggota untuk melipatgandakan upaya mereka untuk menerapkan sanksi terhadap Pyongyang, termasuk langkah-langkah sanksi terberat dalam dua dekade yang telah dijatuhkan oleh dewan pada bulan Maret lalu.

Sanksi tersebut adalah cermin kemarahan DK PBB atas uji coba nuklir Pyongyang pada bulan Januari dan disusul peluncuran roket pada bulan berikutnya disitat dari Al Arabiya.

Sebelumnya, Korut meluncurkan 3 rudal balistik ke laut lepas pantai timur pada Senin lalu seperti dilaporkan militer Korea Selatan (Korsel) dan Amerika Serikat (AS). Rudal tersebut kemungkinan mendarat di laut, 200-250 km sebelah barat Hokaido yang merupakan pulau utama Jepang di sebelah utara.

Selain itu, DK PBB juga mengutuk uji coba peluncuran rudal dari kapal selam yang dilakukan oleh Korut sekitar 2 minggu lalu. Korut pun bereaksi dan mengatakan bahwa pernyataan DK PBB sebagai provokasi.(exe/ist)
0 Komentar