Kamis, 08 September 2016 08:45 WIB

Turki Pecat 73 Personel Militer

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Operasi pembersihan terhadap para pelaku atau pendukung kudeta di tubuh militer Turki masih terus berlangsung.


Terbaru, Turki memecat lebih dari 73 personel dari angkatan bersenjatanya sebagai bagian pembersihan militer dari pendukung upaya kudeta. Kementerian Pertahanan Turki lewat akun Twitternya mengatakan pemecatan personel militer tersebut telah memperkuat militer karena menghilangkan pengkhianat Feto.


Feto merujuk kepada ulama yang juga tokoh oposisi Turki, Fethullah Gulen, yang dituding berada di balik upaya kudeta. Pengumuman ini datang setelah pemecatan terhadap lebih dari 820 personel militer pada pekan lalu dimana 684 di antaranya dipenjara seperti dikutip dari Belfast Telegraph, Rabu (07/09/2016).

Diperkirakan lebih dari 5.000 personel militer Turki telah dicopot pascakudeta berdarah yang terjadi pada 15 Juli lalu, termasuk 151 jenderal dan laksamana. Selain militer, operasi pembersihan juga menyentuh pegawai negeri sipil, akademisi, dan hakim serta jaksa.

Kudeta berdarah yang terjadi di Turki dilakukan sekelompok kecil tentara. Meski sempat menguasai sejumlah titik strategis, namun upaya kudeta itu berhasil diberangus hanya dalam hitungan jam. Meski begitu, lebih dari 200 orang tewas dalam peristiwa tersebut.(exe/ist)

0 Komentar