Minggu, 11 September 2016 20:22 WIB

Pedrosa Tampil Memukau di GP San Marino

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Penampilan memukau dipertontonkan Dani Pedrosa pada lomba MotoGP San Marino 2016.

Pembalap tim Repsol Honda itu akhirnya meraih kemenangan pertamanya musim ini pada Seri 13, yakni dalam lomba GP San Marino di Sirkuit Misano, Minggu (11/09/2016) malam WIB.

Mengawali balapan dari baris kedua, atau tepatnya urutan ke-8. Pilihan Pedrosa dengan memasang ban depan Michelin kompon soft dan ban belakang medium merupakan pilihan yang jitu. Karena secara perlahan dia merangsek ke urutan terdepan guna melewati lawan-lawannya.

Pembalap pole sitter, Jorge Lorenzo yang pada awalnya mencoba melepaskan diri sejak awal. Sudah dilewati oleh rekan satu timnya di Yamaha Movistar, Valentino Rossi pada lap kedua.  Tapi ban medium (depan dan belakang) yang dipakai keduanya bisa dikalahkan Pedrosa.

Adapun perjudian rekan satu tim Pedrosa di Repsol Honda, Marc Marquez, yakni dengan memasang ban depan jenis hard dan ban belakang medium, sepertinya kali ini harus menuai kegagalan.

Kini Pedrosa menjadi pembalap pemenang ke-8 berbeda dari 8 seri terakhir. Ini sekaligus menjadikan persaingan di kejuaraan dunia MotoGP 2016 makin sengit antara Marquez, Rossi dan Lorenzo.

Sementara ituPole sitter, Jorge Lorenzo (Porfuera) coba melepaskan diri sejak start tapi tak bisa lari dari kejaran Valentino Rossi (The Doctor) yang akhirnya ganti memimpin balapan pada pertengahan lap kedua lewat sebuah aksi menyalip pada tikungan 14, dan motor mereka sempat bersinggungan.

Hingga 5 lap awal, Rossi memimpin 0,6-0,8 detik di depan Lorenzo dan 1,6 detik di depan Marquez (si Bayi Alien). Kemudian pada lap ke-8, Rossi mulai membuat jarak hingga 1,2 detik dari Porfuera, sedang si Bayi Alien berada 1,6 di belakang The Doctor.

Namun pada lap ke-9, Lorenzo menipiskan jarak hingga 0,9 – 1 detik di belakang Rossi, sedang Marquez masih berada 1,6 detik dibelakang dua pembalap terdepan. Namun pada lap ke-14 alias setengah jalan. Dani Pedrosa mampu melewati Marquez dan mulai mengancam Lorenzo dengan mencatat lap tercepat 1 menit 33,004 detik.

Kejadian, pada lap ke-16 Pedrosa akhirnya mengakuisisi posisi kedua balapan dari Lorenzo via aksi menyalip klasik Misano di tikungan 14. Kini dia tertinggal 1,2 detik dari Rossi di urutan terdepan.

Sedang  Rossi dan Lorenzo memakai ban depan kompon medium. Dan Marquez memilih ban depan Michelin jenis hard,  yang tampaknya sejauh ini menjadi sebuah perjudian yang gagal.

Akhirnya, pada lap ke-21, Pedrosa mengakuisisi Rossi dari urutan terdepan. Dengan sebuah teknik menyalip apik pada tikungan ke-4, Pedrosa membuka kans merebut kemenangan perdananya musim ini sekaligus menjadikan rekor baru, 8 pembalap berbeda memenangkan 8 seri terakhir.

Lima putaran jelang finis, Pedrosa masih di depan Rossi dengan keunggulan 0,5 detik dan tak terkejar lagi hingga selesai.

Pembalap asal Spanyol itu finis 2,837 detik di depan Rossi. Lorenzo melengkapi podium ketiga usai menyentuh garis akhir 4,359 detik di belakang Pedrosa. Sedang Marquez tercecer di urutan keempat, tertinggal 9,569 detik. Lantas Maverick Vinales (Suzuki) melengkapi finis lima besar usai menyentuh garis finis 15,467 di belakang Pedrosa.(exe/ist)
0 Komentar