Sabtu, 17 September 2016 06:31 WIB

Kasat Reskrim Pelabuhan Priok Jelaskan Kronologis Terbakarnya Kapal Pengangkut Semen Curah

Editor : Yusuf Ibrahim
Laporan Ryan Suryadi


JAKARTA, Tigapilarnews.com- Kasat Reskrim Pelabuhan Tanjung Priok, AKP Victor Inkiriwang, mengatakan pihaknya masih dalami penyebab terbakarnya kapal pengangkut semen curah, yakni MV Divine Succes.


"Untuk penyebab pastinya mengapa kapal ini terbakar masih kami dalami lebih lanjut," ungkap Victor.


Victor menjelaskan, kronologis awal kapal MV Divine Success terbakar, saat para anak buah kapal (ABK) tengah melakukan bongkar muat semen curah di kapal tersebut.


"Kapal diketahui terngah bersandar di dermaga 115 Pelabuhan Tanjung Priok. Saat itu para ABK tengah melakukan bongkar muat semen curah atau semen merah putih dari daerah Baya, Kabupaten Sukabumi," jelas Victor.


Ia menambahkan, secara tak sengaja, salah satu ABK melihat asap yang muncul dari ruang mesin kapal. "Sekitar pkl 18.02 WIB, kemudian kejadian itu pun langsung. dilaporkan ke PFSO atau petugas keamanan setempat, dan selanjutnya dilaporkan ke Polres Pelabuhan Tanjung Priok, Syah Bandar dan Otoritas Pelabuhan," kata Victor.


Victor mengatakan, dalam kejadian ini juga telah dikerahkan sebanyak lima unit pemadam kebakaran dari pelabuhan, tiga unit pemadam serta diperkuat dua kapal tug boat pemadam.


"Upaya pemadaman menggunakan mobil pemadam kebakaran pelabuhan sebanyak 5 unit dan 2 kapal tug boat, kemudian diperkuat 3 unit kendaraan pemadam kebakaran dari Jakarta Utara. Jadi terhitung 8 unit damkar dan 2 unit tug boat. Sampai saat ini masih dilakukan pendinginan terhadap kapal di ruang yang diketahui sumber api muncul," ungkapnya.


Sebelumnya, sebuah kapal pengangkut semen curah, yakni MV Divine Succes terbakar di Pelabuhan 1 Kade 115 Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (16/09/2016) sekitar pukul 18.00 WIB.(exe)

0 Komentar