Senin, 19 September 2016 14:15 WIB

Pengamat Politik LIPI: Penegakan Hukum Rendah, Dinasti Politik Tumbuh Subur

Editor : Hermawan
Laporan: Yanti Marbun

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Pengamat Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro menilai bahwa rendahnya penegakan hukum di Indonesia merupakan salah satu faktor yang membuat dinasti tersebut terus menerus tumbuh subur.

"Mereka terus berpraktik, dan dinasti politik mereka tidak hanya ke atas saja tetapi juga ke bawah dan ke samping. Untuk itu sebaiknya perkuat penegakan hukum kita agar tumbuh kembang dinasti politik ini tidak ada lagi," tutur Siti dalam diskusi Korupsi dan Dinasti Politik, di gedung Dakwah Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (19/9/2016) siang.

Siti melanjutkan faktor kedua adalah keberagaman nilai-nilai budaya lokal yang memberikan nuansa yang berbeda-beda di setiap daerahnya membuat dinasti politik semakin merebah

"Karena keberagaman yang ada di daerah-daerah inilah yang menjadi salah satu faktor munculnya dinasti politik di suatu daerah," jelas Siti

Ia menilai pada suatu Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang bertujuan untuk memilih pemilih yang berkompeten, berintergritas dan dianggap mampu memajukan daerah tersebut telah di kesampingkan, sehingga menjadi sebuah arena untuk meraih kekuasaan demi kepentingan pribadi.

"Seperti contoh di kabupaten Banten, kekuasaan politik di sana kan sudah turun menurun. Dan kekuasaan tersebut melekat pada dirinya," pungkas Siti.

 
0 Komentar