Rabu, 21 September 2016 07:49 WIB

Palang Merah Internasional Hentikan Kirim Bantuan ke Suriah

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Komite Palang Merah Internasional (ICRC) mengatakan, pihaknya akan menghentikan untuk sementara waktu pengiriman bantuan ke empat kota di Suriah.

Penghentian pengiriman ini terjadi setelah adanya serangan terhadap konvoi kemanusiaan PBB, yang beker jasama dengan Bulan Sabit Merah Suriah di Aleppo.

"Hal ini sangat mengkhawatirkan. Kami melihat kembalinya kekerasan, intensifikasi pertempuran di banyak lokasi," kata Robert Mardini, Direktur ICRC untuk Timur Tengah dan Afrika Utara.

"Kami punya sesuatu yang direncanakan untuk empat kota (di Suriah), tapi untuk saat ini hal itu kami tahan dulu, untuk menilai kembali kondisi keamanan," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (20/9).

Dia juga mengatakan, salah satu korban dalam serangan di Allepo adalah kepala Palang Merah/Bulan Sabit Merah Suriah, Omar Barakat. Hal ini, lanjut Mardini, membuat ICRC dan Bulan Sabit Merah shok, dan memutuskan untuk menghentikan semua kegiatan untuk sementara waktu.

"Omar terluka parah dan tim penyelamat tidak bisa menggapainya selama kurang lebih dua jam. Ketika dievakuasi, ia tidak bisa bertahan akibat luka-luka yang dideritanya," ungkap Mardini.

Di kesempatan yang sama, ia juga mengatakan, pada saat konvoi di Aleppo di serang, ada satu konvoi lainnya yang sedang bergerak menuju Homs. Untungnya, papar Mardini, konvoi yang membawa ribuan ton bantuan itu bisa sampai dengan selamat ke Homs.

"Tim itu akan menginap semalam karena pertempuran yang terjadi di sekitar Homs. Sulit untuk membaca situasi dalam beberapa jam mendatang karena Anda memiliki campuran intensifikasi pertempuran dan politisasi bantuan kemanusiaan. Ini adalah waktu yang krusial untuk memutus hubungan kerja kemanusiaan dari politik," pungkasnya.(exe/ist)
0 Komentar