Rabu, 21 September 2016 22:50 WIB

Cagub dan Cawagub DKI 2017 Wajib Jalani Tes Kesehatan Internasional

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Cagub dan cawagub DKI Jakarta 2017 mendatang akan menjalani tes kesehatannya di RS TNI AL Mintohardjo, Jakarta Pusat.

Dalam tes tersebut, pihak RS akan melakukan tes kesehatan sesuai standar Internasional. Kepala RSAL Mintohardjo, Kolonel Laut dr Wiweka, mengatakan sebanyak 71 dokter telah disiapkan untuk pemeriksaan kesehatan para cagub dan cawagub DKI Jakarta.

Pemeriksaan itu dilakukan oleh dokter dengan keahliannya masing-masing dan sudah sangat berpengalaman. Selain itu, alat yang digunakan juga menggunakan alat canggih dan  pemeriksaan pun dilakukan mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki, baik pemeriksaan fisik maupun psikologis.

"Pemeriksaan kesahatan sesuai standar internasional. Indikatornya sudah ada kalau untuk jasmani. Kalau bidang kita, di kesehatan itu dari PBB (standarnya)," tuturnya.

Dia menambahkan, proses pemeriksaan kehatan tersebut hampir sama dengan yang dilakukan oleh Rumah Sakit TNI-AD Gatot Subroto pada Pilkada DKI Jakarta 2012 lalu.

Dokter Wiweka menuturkan, para calon itu akan menjalani pemeriksaan pada 24-25 September 2016 mendatang. Proses pemeriksaan kesehatan pada 24 September 2016 itu dilakukan selama delapan jam.

Wiweka mengungkapkan, untuk pemeriksaan kesehatan akan dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh seperti pemeriksaan USG, THT, gigi, neurologi, organ dalam seperti bedah dan bedah umum, ertopedi, bedah neurologi, pemeriksaan jantung, tredmil, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

"Penunjang pemeriksaan kesehatan itu melalui laboratorium kita akan laksanakan semuanya. Sedang pemeriksaan psikologi ada kriteria dari perhimpunan psikologi Indonesia dari Hipsi. Napza itu sudah ada dari BNN (Badan Narkotika Nasional). Pastinya bebas narkoba, pemakaian kurang lebih enam bulan ke belakang akan ketahuan nantinya," paparnya.(exe/ist)
0 Komentar