Rabu, 28 September 2016 07:02 WIB

China Katakan Hubungan dengan Indonesia Terjalin Sangat Baik

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Bulan September merupakan bulan yang spesial bagi warga China.

Pasalnya, di September ini China merayakan hari jadi yang ke-67. Perayaan hari jadi ini dilakukan di seluruh perwakilan China di dunia, termasuk di Indonesia.

Bertempat di salah satu hotel di bilangan Jakarta Pusat, Kedutaan Besar China menggelar hari jadi negara mereka. Sejumlah pejabat tinggi Indonesia tampak hadir dalam perayaan tersebut, salah satu adanya Menteri Koordinasi Bidang Perekonomian, Sri Mulyani.

Dalam sambutannya saat perayaan tersebut, Duta Besar China untuk Indonesia, Xie Feng, mengatakan walaupun bisa dibilang memiliki kemajuan yang cukup pesat, China sampai saat ini masih terus berusaha untuk mengembangkan diri.

"Dalam 67 tahun terakhir ini, rakyat China, setelah kerja susah payah yang terus-menerus, akhirnya menemukan jalan sosialis berkarakter China, yang sesuai dengan negara kami," kata Xie Feng dalam sambutannya.

"Sebagai negara berkembang terbesar, China telah membebaskan diri dari kemiskinan dan ketertinggalan sebelumnya dan melonjak menjadi enonomi terbesar kedua di dunia," sambungnya.

Dia menyebut China saat ini telah menjelma menjadi negara perdagangan komoditas terbesar dan menjadi negara asal investasi terbesar ketiga di dunia. Selain itu, dirinya menjabarkan dunia usaha di China terus berkembang, dengan ribuan usaha baru muncul setiap harinya.

Terkait hubungan dengan Indonesia, Xie Feng mengatakan, hubungan Indonesia dan China terjalin sangat baik. Hubungan baik ini tercermin dari seringnya terjadi pertemuan antara pempimpin kedua negara.

"Pada awal bulan ini, Presiden Indonesia, Joko Widodo, mengunjungi China untuk menghadiri KTT G-20, dan melakukan pertemuan yang sangat sukses dengan Presiden Xi Jinping. Kunjungan ini merupakan kunjungan ketiga setelah Presiden Jokowi menjabat, dan pertemuan kelima kedua pemipin negara," ucapnya.

"Kunjungan tingkat tinggi yang begitu sering ini membutikan bahwa hubungan kedua negara sedang berjalan pada tingkat yang cukup tinggi, pasti akan mendorong huungan terus maju ke tahap baru," ungkapnya.(exe/ist)
0 Komentar