Kamis, 29 September 2016 07:30 WIB

FA Tunjuk Southgate Gantikan Allardyce

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) resmi mengeluarkan surat pemecatan kepada Sam Allardyce dari jabatannya sebagai pelatih timnas Inggris.

Allardyce terbukti telah menggelar pertemuan tertutup di Wembley. Dengan demikian, pria yang dikenal dengan julukan Big Sam tersebut tercatat hanya 67 hari menangani Wayne Rooney dan kawan-kawan sejak menggantikan Roy Hodgson pada Juli lalu.

Allardyce, yang didampingi penasihat Mark Curtis menggelar pertemuan dengan Ketua FA, Greg Clarke dan kepala eksekutif Martin Glenn untuk membahas perihal jebakan kasus penyuapan dan penyalahgunaan wewenang. Itu terungkap setelah ia bersedia mengakomodir transfer illegal asalkan dibayar 400 ribu pounds.

Kebusukan Allardyce terkuak setelah dijebak wartawan telegraph yang menyamar sebagai pengusaha asal Timur Jauh. Dalam aksinya, pengusaha itu menghubungi Allardyce dan ingin bertemu secara rahasia.

Pengusaha yang berniat menjebak mantan pelatih Newcastle melalui video malah berhasil merekam setiap pembicaraan hingga pada akhirnya Allardyce siap membantu asalkan ia diberikan tips sebesar 400 juta pounds. Perilaku ini tentu mencoreng FA dan pada akhirnya mereka memutuskan untuk menghentikan kontrak sang pelatih.

Dengan demikian, kemungkinan Allardyce merupakan salah satu pelatih tersingkat dalam sejarah Inggris dengan hanya menduduki kursi empuk selama 67 hari. Dan ia hanya melakukan debutnya bersama Tiga Singa saat mengalahkan 1-0 pada laga pertama kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa, 5 September lalu.

Adapun posisi pelatih Inggris, FA telah menunjuk Gareth Southgate sebagai pelatih interim untuk mengambil alih empat pertandingan berikutnya melawan Malta, Slovenia, Skotlandia dan Spanyol. Sementara itu, sambil berjalan FA akan mencari pengganti Allardyce.(exe/ist)
0 Komentar