Sabtu, 01 Oktober 2016 08:38 WIB

ISIS Diprediksi Tamat Akhir Tahun

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Seorang analis keamanan mengatakan kekalahan militer ISIS semakin dekat.

Kelompok ekstrimis itu pun diprediksi akan mengalami kekalahan total pada akhir 2017. Firas Abi Ali, seorang analis senior terorisme di Timur Tengah, mengatakan ISIS sedang dilemahkan oleh kekuatan udara Amerika Serikat (AS) dan kemungkinan bertahanan hidup sebagai kekuatan militer hanya 12 bulan ke depan.

"ISIS semakin dekat dengan kelakalahan militer. Ini mungkin tidak akan terjadi pada tahun 2016, tetapi mereka mungkin akan dikalahkan akhir 2017," katanya.

"Dukungan AS memainkan peran yang sangat penting. Perlindungan udara telah memainkan peran yang sangat penting. Jika Anda melihat dari perspektif militer, ISIS tidak akan mempunyai kesempatan melawan serangan darat yang didukung oleh kekuatan udara," sambungnya seperti dikutip dari Independent, Jumat (30/9/2016).

Ali kemudian menyebut kekalahan ISIS saat melawan pasukan Kurdi dalam pertempuran di kota Ayn al-Arab tahun lalu adalah contoh peranan yang dimainkan oleh AS dalam memberikan dukungan udara.

"Pasukan Kurdi telah berusaha untuk merebut kembali kota Ayn al-Arab selama berbulan-bulan. Gelombang pertempuran itu berbalik, sehingga Kurdi memainkan peran yang sangat penting, tetapi teknologi modern telah memainkan peran yang lebih penting," katanya.

Ali menambahkan bahwa sementara ISIS mungkin mengalami kekalahan dalam waktu satu tahun, kelompok itu telah merencanakan untuk mempertahankan ideologinya. "Mereka (ISIS) mengalihkan narasi mereka dengan mengatakan meskipun mereka kehilangan wilayah, namun yang paling penting adalah ideologi merekan bertahan," tukasnya.(exe/ist)
0 Komentar