Senin, 03 Oktober 2016 09:58 WIB

Melalui Seni dan Budaya, TNI Dekatkan Diri ke Masyarakat

Editor : Danang Fajar
JAKARTA, Tigapilarnews.com - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus berupaya untuk mendekatkan diri ke masyarakat.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan seni dan budaya. yakni dengan menyaksikan Wayang orang Satha Kurawa di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat Minggu malam (2/10/2016).

Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, perayaan HUT ke-71 TNI tahun 2016 nanti tidak akan ada gelar upacara besar-besaran, seperti Parade dan Defile serta pengerahan Alutsista TNI.

"Meskipun tidak melakukan upacara besar-besaran, tetapi TNI tidak melupakan rakyat. Salah satunya dengan menunjukan pertunjukan wayang orang ini," jelas Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo, Minggu (3/102016) malam tadi.

Gatot menjelaskan, pagelaran wayang orang ini merupakan kolaborasi TNI dengan rakyat yang melibatkan seniman, tokoh masyarakat, artis ibu kota, anak-anak dan pemuda sebagai generasi penerus bangsa serta prajurit TNI dari pangkat Kopral sampai Jenderal.

"Tidak ada bahasa gotong royong di bangsa lain. Bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke adalah bangsa yang mempunyai aliran darah gen patriot dan mempunyai tarian perang ditiap-tiap suku dengan ciri khas senjata," tegas Gatot.

Lebih lanjut, Gatot menyampaikan TNI juga melakukan kegiatan yang sama dimulai dari tingkat Komando Utama (Kotama) dengan menggelar tarian daerah, drama kolosal dengan mengangkat cerita kepahlawanan dimasing-masing daerahnya.

"Dilakukan bersama-sama dengan komponen masyarakat, karena tema kita tetap, Bersama Rakyat TNI Kuat Hebat Profesional Siap Mewujudkan Indonesia yang Berdaulat Mandiri dan Berkepribadian," katanya.
0 Komentar