Selasa, 04 Oktober 2016 08:10 WIB

Jerman Dukung Reformasi di Iran

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Menteri Perekonomian Jerman, Sigmar Gabriel, mengatakan pihaknya siap mendukung reformasi di Iran.

Dia juga mengatakan, Berlin menyakini Teheran dapat menjadi rekan yang sangat baik, dan dapat diandalkan. "Tujuan kami adalah untuk mendukung pemerintah saat ini dengan jalan untuk membuka diri terhadap dunia," kata Gabriel saat melakukan kunjungan ke Teheran, seperti dilansir Reuters pada Senin (03/10/2016).
"Saya juga akan membahas topik-topik lain, seperti peran Iran dalam perang di Suriah, Israel dan masalah negara hukum dengan kepemimpinan Iran," sambungnya.

Terkait dengan Israel, dimana Gabriel telah meminta Iran untuk mengakui dan berdamai dengan Negeri Zionis itu, Teheran telah menegaskan mereka tidak akan pernah berdamai dan mengakui Israel.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Bahram Qasemi, menegaskan, Iran tidak akan sudi berdamai dan mengakui Israel. Dia juga menegaskan, Iran tidak akan menerima syarat semacam ini untuk perbaikan hubungan Iran dan Jerman.

"Hubungan antara Iran dan Jerman didasarkan pada saling menghormati dan kepentingan, dan tidak ada prakondisi akan diterima dalam hal ini. Iran menganggap membela hak-hak rakyat Palestina sebagai prinsip kebijakan luar negeri dan tidak pernah dan dalam kondisi apapun akan meninggalkan Palestina. Iran tidak mengizinkan negara manapun untuk mencampuri urusan dalam negeri," ucap Qasemi.(exe/ist)
0 Komentar