Jumat, 07 Oktober 2016 08:30 WIB

Rusia Kirim Kapal Rudal Jelajah ke Laut Mediterania

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Rusia dikabarkan akan kembali mengirimkan kapal perang yang dilengkapi dengan rudal-rudal jelajah ke Laut Mediterania.

Moskow disebut akan mengirimkan kapal perang Mirazh dari pangakalan militer di Sevastopol. Mirazh, seperti dilansir Reuters pada Kamis (6/10), adalah kapal perang yang dilengkapi dengan rudal jelajah Malakhit.

Mirazh akan menyusul dua kapal lainnya, yakni Serpukhov dan Zelyony Dol, yang sudah terlebih dahulu dikerahkan ke Mediterania.

Ketiganya akan bergabung dengan armada Angkatan Laut permanen Rusia. Ketiga kapal perang itu akan membantu dalam operasi militer terhadap ISIS di Suriah.

Berbeda dengan Mirazh, kapal perang Serpukhov dan Zeleny Dol sudah pernah berpartisipasi dalam operasi militer di Suriah pada pertengahan Agustus lalu. Kedua kapal itu pernah menembakkan tiga rudal jelajah Kalibr terhadap basis kelompok  teror Al-Nusra sebelum kembali ke Crimea pada bulan September.

Penggunaan rudal jelajah Kalibr oleh kapal-kapal perang Rusia telah diwaspadai Amerika Serikat (AS). ”Dampaknya mengubah kemampuannya untuk menghalangi, mengancam atau menghancurkan target musuh,” bunyi laporan Kantor Intelijen Angkatan Laut AS beberapa waktu lalu.

Saat ini ada enam kapal perang Rusia dan tigal kapal pendukungnya sudah siaga di Mediterania timur. ”Kelompok Angkatan Laut Rusia di Mediterania timur meliputi sedikitnya enam kapal perang dan tiga atau empat kapal dukungan dari semua armada. Untuk meningkatkan kemampuan tempur kelompok, (kami) berencana untuk menyertakan kapal cruiser Admiral Kuznetsov ke jajarannya,” kata Menteri Pertahanan Rusia, Sergey Shoigu.(exe/ist)
0 Komentar