Jumat, 07 Oktober 2016 20:15 WIB

PT AP II Luncurkan Dua Anak Perusahaan Baru

Editor : Rajaman
Laporan: Hendrik Simorangkir

TANGERANG, Tigapilarnews.com - PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) meluncurkan dua anak perusahaan baru, yakni, PT Angkasa Pura Kargo dan PT Angkasa Pura Propertindo.

Dari dua anak perusahaan baru ini, kini PT Angkasa Pura telah memiliki tiga anak usaha yang dengan kapasitasnya kepemilikan penuh. Sebelumnya, satu anak usaha yang terlebih dahulu beroperasi adalah PT Angkasa Pura Solusi.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II, M. Awaludin menjelaskan, untuk PT Angkasa Pura Propertindo berfokus pada pengembangan kawasan bisnis terintegrasi, yang menyediakan jasa pengelolaan Hotel dan Mice, pengelolaan gedung, pengelolaan gedung parkir, dan memberikan konsultasi bisnis properti yang ada di bandara.

"Adapun PT Angkasa Pura Kargo akan fokus pada jasa pelayanan di bidang kargo dan logistik sebagai operator terminal kargo," ujar Awaludin melalui keterangan pers yang diterima Tigapilarnews.com, Jumat (7/10/2016).

Lanjutnya, wilayah operasional kedua anak usaha tersebut tidak sebatas hanya di bandara di bawah lingkungan PT Angkasa Pura II (Persero) selaku induk usaha, namun juga di bandara-bandara yang dikelola oleh pihak lain.

Selain itu, tujuan pembentukan dua anak usaha baru ini adalah memperluas portofolio bisnis AP II guna meningkatkan kontribusi pendapatan dari bisnis non-aero dan kargo.

"Saat ini pendapatan perseroan sekitar 60-70% berasal dari bisnis aero seperti passenger service charge, biaya pendaratan pesawat, dan pemakaian garbarata," jelasnya.

Tahun 2016 ini saja, Awaludin menambahkan, proyeksi pendapatan tiga anak perusahaan AP II sebesar kurang lebih Rp500 miliar.

"Ke depan, seperti halnya bandara-bandara berkelas dunia, kami akan memaksimalkan pendapatan dari bisnis non-aero dan kargo sehingga pada tahun 2018 dapat berkontribusi hingga mencapai 50% atau bahkan lebih terhadap total pendapatan perusahaan," pungkasnya.
0 Komentar