Sabtu, 08 Oktober 2016 07:40 WIB

Bentuk Akornas, KONI Pusat Ajarkan kepemimpinan Hingga Psikologi Olahraga

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) terus berbenah.

Bahkan kini memberikan terobosan dengan membentuk perguruan tinggi, Akademi Olahraga Prestasi Nasional (Akornas) yang salah satu tujuannya untuk membentuk pelatih handal dari beberapa cabang olahraga.

Ketua KONI Pusat, Tono Suratman, mengatakan apa yang dilakukan merupakan bentuk nyata yang dilakukan induk organisasi olahraga Indonesia untuk meningkatkan kemampuan atlet hingga pelatih Indonesia.

"Ini memang salah satu bentuk konkret yang kami lakukan (KONI). Pembentukan perguruan tinggi ini juga sudah mendapatkan dukungan dari DIKTI," katanya di Kantor KONI Pusat, Senayan, Jakarta, Jumat (07/10/2016).

Menurut dia, dengan adanya dukungan dari DIKTI maka perguruan tinggi yang dibentuk akan langsung menerima mahasiswa baru. Sesuai dengan jadwal perdaftaran mahasiswa baru dimulai 3-15 Oktober dan untuk perkuliahan akan dimulai pada 24 Oktober 2016.

"Perguruan tinggi yang dibentuk khusus untuk Diploma III. Ada beberapa pertimbangan yang salah satunya akan membentuk pelatih yang benar-benar ahli dan terlinsensi. Adapun gelarnya adalah Ahli Madya," katanya menambahkan.

Akornas di tahun pertama pembentukannya akan menumpang terlebih dahulu di Kampus Universitas Negeri Jakarta (UNJ) karena selama ini KONI sudah menjalani kerja sama dengan salah satu kampus negeri yang ada di Jakarta itu.

Meski menjalin kerja sama dengan UNJ, kata dia, bisa dipastikan kurikulum yang diajarkan berbeda karena untuk UNJ setelah lulus akan menjadi guru olahraga sedangkan di Akornas akan menjadi pelatih murni dan diharapkan mampu melahirkan atlet-atlet nasional.

"Selain materi kepelatihan, yang diajarkan di Akornas juga menyangkut masalah kepemimpinan hingga psikologi olahraga. Ini sangat penting bagi seorang pelatih," kata Tono Suratman menegaskan.

Pada tahun perkuliahan perdana ini, Akornas yang dipimpin langsung oleh Tono Suratman dengan posisi direktur ini hanya dikhususkan untuk pembetukan pelatih cabang olahraga atletik, renang, taekwondo dan bulu tangkis.(exe)
0 Komentar