Sabtu, 08 Oktober 2016 08:30 WIB

Korut Diduga Persiapkan Uji Coba Nuklir Terbaru

Editor : Yusuf Ibrahim
JAKARTA, Tigapilarnews.com- Gambar citra satelit menunjukkan peningkatan aktivitas di situs uji coba nuklir Korea Utara (Korut).

Diduga, negara komunis itu tengah mempersiapkan uji coba nuklir terbaru atau tengah mengumpulkan data hasil uji coba terakhir.

Kelompok monitoring aktivitas Korut, North38 mengatakan, sejumlah kegiatan terlihat di tiga kompleks terowongan lokasi uji coba nuklir, Punggye-ri, yang melibatkan kendaraan besar dan personil.

"Salah satu alasan yang mungkin untuk kegiatan ini adalah mengumpulkan data uji coba 9 September meskipun tujuan lain tidak dapat dikesampingkan, seperti menyegel portal atau persiapan lain yang berhubungan dengan uji coba," kata kelompok monitoring itu mengacu pada uji coba terakhir seperti dikutip dari Reuters, Jumat (7/10/2016).

North38 adalah kelompok monitoring Korut yang dijalankan oleh Johns Hopkins University School of Advanced International Studies itu. Korut diyakini siap melakukan uji coba nuklir setiap saat dan ada spekulasi hal itu untuk menandai ulang tahun perdirinya Partai Pekerja Korut pada 10 Oktober mendatang.

Terkait hal ini, juru bicara Kementerian Unifikasi Korea Selatan (Korsel), Jeong Joon-hee, dalam penjelasannya menyatakan tidak ada indikasi rencana uji coba nuklir untuk bertepatan dengan ulang tahun 10 Oktober.

Sedangkan kantor berita Korsel, Yonhap, mengutip seorang pejabat pemerintah mengatakan kegiatan di stasiun peluncuran roket Kourut dekat pantai barat bisa jadi persiapan untuk peluncuran rudal jarak jauh.(exe/ist)
0 Komentar