Senin, 10 Oktober 2016 13:24 WIB

Walikota Jaksel Buka Roadshow Delegasi Peserta Tafisa Games di Ragunan

Editor : Danang Fajar
Laporan : Bili Achmad

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Walikota Jakarta Selatan, Tri Kurniadi membuka perhelatan roadshow delegasi Tafisa (The Association for International Sport for All) Games di Taman Margasatwa, Ragunan, Jakarta Selatan, Senin (10/10/2016).

Perhelatan olahraga rekreasi dan tradisional dunia yang diikuti Sebanyak 87 negara dan 29 provinsi di Indonesia tersebut telah berlangsung sejak 6 hingga 12 Oktober mendatang.

"Kegiatan roadshow 5 wilayah Jakarta dalam Tafisa Games 2016 bertujuan mengenalkan dan memasyarakatkan olahraga rekreasi masyarakat di 5 wilayah kota dengan pelaksanaan secara serentak termasuk di Jakarta Selatan di Ragunan ini," kata Tri saat membuka acara Tafisa Games ke-6 tersebut.

Dalam roadshow teraebut, 450 siswa sekolah SMA/SMK di Jakarta Selatan menampilkan demonstrasi permainan olahraga tradisional, seperti : Bakiak Panjang, Engrang, Tarik Tambang, Dagongan, serta Balap Karung.

"Untuk tahun 2016 ini kota Jakarta, Indonesia yang menjadi tuan rumahnya sementara untuk tahun 2020 tuan rumah adalah Lisbon, Portugal. Sementara Maskot Tafisa Wold 2016 kali ini hewan Tarsius Tumpara," ujar Kepala rombongan roadshow delegasi Jakarta Selatan, Samuel Simpson.

Sekedar informasi, TAFISA Games 2016 memiliki banyak agenda antara lain kejuaraan dan kompetisi dalam kategori Action Sports, Extreme Sports, Adventure Sports, E- Sports dan nomor khusus untuk penyandang disabilitas. Selain itu ada juga ajang eksibisi yang akan diisi oleh sejumlah negara.

TAFISA Games 2016 tidak hanya menggelar perlombaan dan eksebisi puluhan cabang yang penuh dengan keunikan kultural seperti senam Zumba dari Kolombia, seni bela diri Chanbara dari Jepang, seni bela diri Muay-Thai asal Thailand, dan juga seni bela diri Pencak Silat khas Indonesia. Lebih daripada itu TAFISA menjadi perhelatan yang memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menampilkan bentuk olahraga rekreasi dan tradisional dari latar belakang budayanya masing-masing.

Selama penyelenggaraan TAFISA akan dilakukan sejumlah pemecahan rekor dunia antara lain: pemecahan rekor dunia pelajar bermain egrang terbanyak dan pemecahan rekor dunia layang-layang. Sementara itu sebagai event pendukung akan digelar pula berbagai eksebisi yang mengenalkan berbagai produk dalam bidang fashion olahraga, kuliner, kerajinan tangan hingga obat-obatan tradisional.
0 Komentar