Selasa, 11 Oktober 2016 12:23 WIB

Ahok: Bendung Katulampa Bukan Ancaman Lagi Buat Jakarta

Editor : Hermawan
Laporan: Evi Ariska

JAKARTA, Tigapilarnews.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menyatakan debit air dari Bendung Katulampa, Bogor, tak lagi menjadi ancaman bagi Jakarta.

"Kiriman dari Katulampa sudah bukan menjadi ancaman lagi bagi DKI sekarang. Setelah di Manggarai membuka tiga pintu ke arah Kanal Banjir Barat dan satu pintu ke arah Ciliwung Lama, selalu saya buka diposisi 100 sentimeter," ujar Ahok, di Balaikota DKI Jakarta, Selasa (11/10/2016) siang.

Menurut Ahok, pintu air Manggarai sudah tidak pernah mencapai siaga satu lagi, sehingga walaupun Katulampa sianga satu Manggarai sudah tidak.

"Apalagi Bukit Duri akan kami bereskan lagi sudah enggak ada cerita siaga 1," ungkapnya.

Mantan Bupati Belitung Timur ini menilai yang bermasalah adalah saat terjadi air pasang atau banjir rob dan sebagian pompa bermasalah. Karena Jakarta memang berada di bawah muka air laut.

"Yang masalah kalau misalnya laut lagi pasang tinggi, pompa Ancol ada masalah. Mereka ngatur airnya harus benar, buang ke Pasar Ikan lewat Jembatan Merah. Nah, kalau Pasar Ikan kalau enggak bisa di-handle pun masuk Waduk Pluit. Waduk Pluit itu bisa posisi minimal 2,8 air setelah kami keruk dia punya lumpur," pungkasnya.

 
0 Komentar